Setelah 9 jam, Pria Ini Menyelesaikan Tantangan Terkonyol Yang Belum Dilakukan Seorangpun

1343
Hunter Hobbs dari Kota Norman, Negara Bagian Oklahoma, rela menghabiskan waktu liburannya untuk mencari ujung kolom pengolah angka (spreadsheet) Microsoft Excel.

Banyak orang meratapi liburan tahun baru mereka dengan curhat pada teman mengenai soal rasa malas untuk kembali ngantor. Apalagi liburan tanpa melakukan jalan-jalan pastinya sangat membosankan. Namun berbeda dengan seorang pria dari Amerika Serikat, Hunter Hobbs, dari Kota Norman Negara Bagian Oklahoma. Dia rela mengorbankan waktu liburannya untuk menambah pengetahuan kolektif bagi umat manusia.

Dengan dibekali kesabaran tingkat tinggi serta kantung kemih yang tahan disaat ujian, akhirnya dia menyelesaikan sebuah tantangan terkonyol yang pernah ada. Yap, tantangan yang dia lakukan yaitu mencari dasar kolom pengolah angka dari program Microsoft Excel (spreadsheet). Dia menyelesaikan tantangan tersebut dalam waktu 9 jam 36 menit 10 detik dengan terus menerus menekan tombol panah bawah pada keyboard.

Mungkin ini akan menambah pengetahuan kita meskipun tidak penting amat. Hobbs sepertinya setuju dengan hal ini. Buktinya dalam deskripsi video YouTube yang merekam aktivitas wolesnya itu, dia menulis: “Saya melakukan tantangan paling goblok yang pernah dilakukan manusia.” Tentu saja usaha dia tetap dihargai untuk hal aneh ini.

Lewat video tersebut, kamu dapat menyaksikan perjuangan Hobbs untuk mencapai dasar spreadsheet excel. Tidak perlu khawatir, video rekaman yang berlangsung selama 9 jam itu telah diedit jadi timelapse sepanjang 2 menit 30 detik saja. Video hanya diperlambat satu kali saja, tepatnya ketika mainan paddle ball yang dimainkan Hobbs untuk mencegah kebosanannya, putus talinya. Selebihnya kamu dapat melihat kegiatan apa saja yang dilakukan dia untuk mencegah kebosanannya, mulai dari mengisi waktu untuk menelpon, bermain kartu sampai membaca buku otobiografi Arnold Schwarzenegger, Total Recall.

Hobbs memberi nama tantanganya itu sebagai “Excel Challenge”. Tantangan ini berakhir di baris ke 1.048.576 pada sebuah spreadsheet Excel. Sebelum melakukan tantangan, Hobbs mencari tahu dulu apakah spreadsheet Excel mempunyai dasar apa tidak. Dengan memakai bantuan Google, dia menemukan tutorial forum yang membeberkan jumlah baris yang pasti dari spreadsheet software laris dari Microsoft itu. Pencarian cepatnya menunjukkan bahwa spreadsheet Excel di atas versi 2007 mempunyai 16.384 kolom. Jumlah yang mungkin lebih masuk akal bagi mereka yang ingin mencoba tantangan konyol dan membosankan ini.

“Gue capek, laper dan tangan gue sakit. Menyedihkan memang,” kata Hobbs setelah mencapai dasar spreadsheet Excel. “Itu tadi namanya Excel Challenge. Jangan dicoba ya.”

Apakah kalian mau mencoba hal seperti Hobbs? Atau mengalahkan waktunya? Lebih baik jangan ya! 😀