Ulasan Jaringan 4G Yang Harus Anda Tahu

1579

Saat ini teknologi 4G menjadi salah satu pertimbangan penting ketika mau beli smartphone baru yang diawali dengan pertanyaan pada diri sendiri yaitu : Sudah 4G belum? Ya, rugi banget deh rasanya kalau ganti HP tapi belum mendukung konektivitas 4G LTE. Pasalnya sudah banyak provider penyedia layanan 4G yang sedang gencar-gencarnya melakukan promo 4G.

Sekarang ini kebutuhan 4G memang sudah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat kota besar termasuk di Indonesia. Pertanyaan yang masih sering muncul adalah emang apa sih itu 4G LTE dan keunggulannya?

1. Apa itu 4G?
4G singkatan dari fourth-generation technology, jaringan mobile broadband generasi keempat yang menawarkan akses data yang tinggi. Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX dan standar Long Term Evolution (LTE). Sederhananya 4G LTE yang kita nikmati di Indonesia memiliki kapasitas bandwidth 10 kali lebih besar dibandingkan jaringan 3G, dengan kecepatan akses data yang jauh lebih cepat dan gesit.

Manfaat yang bisa kita rasakan sebagai pengguna smartphone 4G adalah jaringan internet yang gak lemot. Manfaat yang ditemui seperti streaming video dengan jaringan 4G LTE, streaming video Youtube berkualitas high definition (HD) di smartphone gak buffer. Kapasitas bandwidth 4G LTE yang lebih besar juga bisa membantu para kaum profesional yang sering bekerja mobile. Proses download atau upload berbagai file berukuran besar tidak perlu lagi menunggu lama, jadi kerja bisa lebih efisien.

2. Jenis-jenis 4G
4G diibaratkan sebuah label, dimana ada banyak nama yang muncul yakni HSPA+, WiMAX,TD-LTE, LTE, LTE-Advanced. Nah , jaringan yang benar-benar memenuhi spesifikasi 4G ini adalah LTE-Advanced dan WirelessMAN-Advanced (WiMAX Release2).

Namun, HSPA+, WiMAX, dan LTE juga diizinkan untuk diberi label sebagai teknologi 4G. Meskipun tidak menawarkan kecepatan yang dijanjikan dari spesifikasi resmi 4G, LTE pada umumnya dipasarkan di 4G LTE termasuk di Indonesia, yang artinya tidak menawarkan kecepatan 4G yang sesungguhnya.

Itulah kenapa kecepatan jaringan 4G LTE di Indonesia berbeda-beda.

3. Kelas 4G LTE
Sebenarnya pusing loh kalo bicara teknis tentang teknologi 4G. Kamu gak usah pusing ngurusin data atau hitungannya karena penerapan teknologi di smartphone juga dibagi-bagi tergantung chipset yang digunakan.

Ya, setelah pertanyaan smartphone udah 4G belum? Pertanyaan selanjutanya adalah Cat berapa? Kategori inilah yang menjadi acuan kita, tentunya semakin tinggi semakin bagus. Meskipun tetap saja, ujung-ujungnya kita tidak bisa menikmati kecepatan 4G yang sesungguhnya.

Lihatlah dibawah ini untuk lebih jelas :
1. Category 12 : 600 Mbps download, 100 Mbps upload, 3×20 MHz download, 2x20MHz upload.
2. Category 10 : 450 Mbps download, 100 Mbps upload, 3×20 MHz download, 2x20MHz upload.
3. Category 9 : 450 Mbps download, 50 Mbps upload, 3×20 MHz download, 2x20MHz upload.
4. Category 7 : 300 Mbps download, 100 Mbps upload, 2×20 MHz download, 2x20MHz upload.
5. Category 4 : 150 Mbps download, 50 Mbps upload, 2×10 MHz download, 2x10MHz upload.

Nah, sedikit paham kan tentang 4G dan kenapa konon katanya anti Buffer tapi kadang yang kita nikmati tidak sesuai dengan kenyataannya. Apakah Anda sudah mengetes jaringan 4G?