Tips Untuk Mengecek Kemampuan PC / Laptop Gaming

1892

Menjamurnya gamer PC, tentu telah membuat hardware di pasaran semakin beragam. Hal ini tentunya telah berimbas pada PC yang dirakit oleh tiap orang menjadi berbeda-beda.

Lalu bagaimana kita untuk mengikutinya? Nah, melalui artikel ini, saya suguhkan cara cek kemampuan PC atau laptop gaming kamu.

Cara cek kemampuan PC / Laptop Gaming

Perbedaan PC kita dengan orang lain, tentu membuat bingung bagaimana kemampuan PC gaming kita yang sebenarnya? Nah, kalau berbicara soal kemampuan, kita bisa melihatnya dari benchmark. Benchmark yang dimaksud dibagi dua, yaitu benchmark nilai kemampuan PC dan benchmark kemampuan PC dalam memainkan game tertentu. Perlu diketahui bahwa kedua cara ini juga bisa kamu pakai untuk laptop kamu.

1. Benchmark nilai kemampuan PC / Laptop Gaming

Benchmark merupakan suatu pengujian dengan memberikan nilai angka pada suatu sistem PC yang nantinya angka ini bisa kamu bandingkan dengan hasil benchmark yang lain. Contohnya, usai dites PC saya mendapat nilai 1000, sementara PC kamu saat dites mendapat nilai 1300. Ini berarti sistem PC kamu jauh lebih baik dari saya.

Untuk melakukan hal ini, kamu butuh sebuah software. Nah, disini saya rekomendasikan 2 software gratis, yaitu PCMark atau 3Dmark.

  • PCmark
    PCMark lebih berfungsi untuk mengukur kemampuan semua jenis PC atau Laptop, mengukur dari tingkat performa dari tingkat performa dan efisiensi kerja.
  • 3Dmark
    Sementara untuk 3DMark lebih berfungsi untuk mengukur kemampuan PC dalam hal grafis terutama bermain game 3D.

2. Benchmark kemampuan PC dalam memainkan game tertentu

Sesuai namanya, benchmark ini digunakan untuk mengukur apakah game tertentu bisa dimainkan atau tidak di PC atau Laptop gaming. Contohnya: COD Advanced Warfare, dengan benchmark ini kamu bisa tahu apakah PC atau laptop kamu bisa memainkannya atau tidak.

Untuk benchmark ini, kamu tidak perlu mendownload aplikasi dengan besar. Kamu bisa menggunakan salah satu dari dua layanan online yaitu CanYouRunIt atau GameDebate.

  • CanYouRunIt
    Cara menggunakan layanan CanYouRunIt sangat mudah. Kamu tinggal kunjungi situsnya dan masukkan nama game yang kamu mau mainkan. Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi sistem PC kamu dan hasilnya bisa langsung terlihat.
  • GameDebate
    Sementara untuk layanan GameDebate, kamu cukup kunjungi situsnya, masukkan nama game, data CPU, VGA dan RAM makan hasilnya akan keluar.

Begitulah cara cek kemampuan PC atau laptop gaming kamu. Selamat mencoba!