Selain Unik, Awan Ini Ternyata Sangat Membahayakan

1702

Zaman sekarang, pesawat menjadi pilihan cepat untuk melakukan sebuah perjalanan. Hal itu menjadikannya sebagai kendaraan alternatif karena terbebas dari macet serta mampu mencapai tujuan perjalanan dengan waktu yang lebih singkat. Namun, untuk kamu yang sering bepergian dengan pesawat pastinya pernah merasakan guncangan ketika menabrak awan.

Perlu kami ingatkan, awan sebenarnya ada yang boleh dilewati dan ada yang mesti dihindari. Terkadang kita menganggap, awan itu hanya gumpalan asap. Gumpalan itu memiliki kandungan air dan kristal di dalamnya. Jika kandungannya rendah mungkin aman untuk ditembus, lain halnya untuk yang tebal, apalagi sampai berwarna hitam pekat. Nah, salah satu awan yang menjadi teror buat para pilot dan paling dihindari adalah awan pancake. Ingat bukan awan kinton ya yang paling ditakuti! hehe

Bentuknya yang menyerupai UFO

Jika dilihat seksama, mungkin lebih mirip piringan pesawat UFO ya guys! Yah, meskipun tetap ada beberapa termasuk yang memberi nama awan ini pertama kali menganggapnya lebih mirip dengan pancake (kue dadar). Jika dilihat dari luar saja uda mengerikan. Ketebalan dari awan itu sangat tinggi, bahkan bisa sangat mengganggu penglihatan.

Di dalam awan ini juga terjadi gesekan hebat di dalamnya. Hal ini dikarenakan adanya tetesan air di dalamnya yang bercampur dengan kristal es. Fenomena ini menciptakan timbulnya badai elektrik di dalamnya.

Awan ini berada di dataran tinggi dan puncak gunung

Bagi para penerbang, pastinya sudah tau daerah dataran tinggi dan pegunungan menjadi markas dari awan ini. Pada daerah ini, umumnya terdapat hembusan angin yang sangat kuat. Jadi bisa dibayangkan sendiri kan betapa menakutkannya jika mendekati awan ini.

Biasanya para pilot akan memilih untuk menjauhi lokasi atau mundur daripada harus melewati di sekitar awan tersebut. Tentunya lebih bagus menghindari risiko karena angin dapat membuat penerbang hilang kendali disaat melewatinya.

Struktur dari awan

Struktur awan pada umumnya terdiri dari butiran-butiran kecil es. Berbeda dengan awan biasa, awan pancake tercipta karena adanya perpaduan dari kecepatan angin yang kencang dan juga butiran es. Proses inilah yang memberikan momok menakutkan bagi para penerbang.

Di sisi lain, jika dilihat sebagai fenomena alam, bentuk awan ini memberikan pemandangan yang indah dimana awan ini membentuk pusaran yang sangat indah jika dilihat dari dataran rendah. Pemandangan dari awan ini dapat bertahan hingga berjam-jam sampai perubahan dari angin yang membuatnya tersebar.

Proses terbentuknya awan

Awan mengerikan namun unik ini terbentuk karena arus dari udara lembab yang bergerak ke atas melewati pegunungan sehingga membuat air mengembun untuk membentuk awan. Udara akan dibawa seperti pola gelombang yang lebih sering disebut sebagai awan gelombang.

Awan ini akan terbentuk menyebar sehingga sekilas akan tampak seperti piringan atau cakram yang keluar dari sisi bawah gunung. Yang menjadi keunikan dari awan ini adalah bentuknya yang seperti membeku diam di tempat. Akan tetapi, kenyataanya adalah awan akan bergerak terus karena aliran udara akan mendorong awan bersamaan dengan sisi angin.

Awan Pancake terlihat begitu unik dan diam, namun awan ini merupakan salah satu dari awan yang dihindari para penerbang. Banyak awan lainnya yang menjadi titik paling dihindari penerbang seperti awan Cumulonimbus yang telah membuat adanya korban berjatuhan contohnya tragedi pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ8501 tujuan Surabaya ke Singapura. Awan ini digadang-gadang menjadi momok penyebabnya. Mengetahui bahayanya awan ini, semoga semua penerbangan bisa menghindarinya dan berhati-hati ya.