Jerawatan? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya

151

Hai Sobat Panic Mania, Apakah jerawat anda sering muncul? Meski jerawat dapat dialami oleh siapa saja, namun sebagian besar kasus jerawat terjadi di masa puber yaitu pada remaja berusia 10-13 tahun dan semakin buruk pada orang dengan kulit berminyak. Jerawat pada remaja umumnya akan hilang dengan sendirinya pada awal usia 20 tahun. Namun pada sebagian kasus, masih ada yang mengalami masalah jerawat hingga usia 30 tahun, terutama wanita.

Biasanya, kemunculan jerawat juga dibarengi dengan munculnya bintik-bintik komedo, baik berjenis komedo hitam maupun komedo putih. Pada kasus parah seperti komedo yang berisi nanah dan kista, jenis ini biasanya akan meninggalkan bekas luka.

Kemunculan jerawat di kulit ditandai dengan tanda-tanda seperti kulit yang berminyak dan muncul bintik-bintik, bahkan kadang kulit terasa panas dan sakit saat disentuh. Celakanya, wajahlah yang jadi bagian pada tubuh yang paling sering mengalami jerawat. Berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Timbul Jerawat

Membasmi jerawat memang tidak mudah. Namun, produk perawatan wajah yang mahal saja tidak akan berhasil jika kebiasaan sehari-hari yang menjadi faktor penyebab jerawat masih juga Anda lakukan. Simak kebiasaan buruk yang nantinya bisa kita cegah. Berikut merupakan penyebab dari masalah jerawat.

Asap Kendaraan

Apakah kondisi kulit Anda saat ini berminyak dan mudah berjerawat? Jika ya, coba perhatikan seberapa sering kulit wajah Anda terpapar oleh asap polusi seperti asap kendaraan bermotor. Jika memang dirasakan cukup sering bahkan setiap saat, bisa jadi inilah penyebabnya. Inilah yang menjadi salah satu pemicunya mengapa orang yang sehari-harinya selalu terpapar asap kendaraan lebih rentan memiliki kulit berjerawat. Selain disebabkan oleh asap kendaraan, respons kulit wajah ini juga seringkali muncul saat terpapar krim wajah.

Air Tidak Bersih

Coba deh gunakan air minum untuk mencuci wajah selama beberapa hari. Jika memang kulit jadi lebih tenang, artinya air di tempat tinggal Anda kualitasnya kurang baik. Anda bisa memasang filter agar klorin di dalam air bisa tersaring lebih baik, atau sementara waktu gunakan micellar water supaya wajah tidak perlu bersinggungan dengan air.

Penggunaan Produk Rambut

Menurut dr. Lilik, produk rambut seperti pomade atau gel yang punya bahan dasar minyak biasanya sering menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini terjadi karena kandungan bahan di dalamnya seringkali bersifat menyumbat pori-pori (comedogenic). Trik Cosmo adalah, pilih produk penataan rambut yang berbahan dasar air. Tapi jika masalahnya ada pada sampo, coba gunakan sampo bebas sulfat dan paraben.

Penggunaan Makeup atau Skin Care yang Kurang Tepat

Penggunaan makeup atau skin care yang kurang tepat bisa membuat pori-pori tersumbat karena tumpukan minyak serta kotoran yang menempel pada wajah. Nah, untuk mencegah jerawat datang kembali di area yang sama, sebaiknya pilihlah produk dengan ingredisnts yang tepat dan juga memiliki klaim non-comedogenic.

Selain itu, ada pula beberapa kandungan dalam produk kecantikan yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit yang rentan berjerawat, di antaranya dimeticone, alkohol, coconut oil dan juga mineral oil.

Menyentuh Wajah dengan Tangan

Tanpa disadari, tanganmu sebenarnya penuh dengan berbagai macam kuman dan bakteri yang tak kasat mata dan dapat mengakibatkan infeksi dan peradangan pada kulit, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat di area yang sama, khususnya pada bagian wajah yang paling sering tersentuh. Salah satu penyebab jerawat kerap muncul di area yang sama adalah karena kebiasaan menyentuh atau memegang wajah, baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Terlalu sering mencuci muka

Wajah yang kotor sering kali dianggap sebagai penyebab jerawat. Namun, mencuci muka terlalu sering juga tidak baik, karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul.

Cara Mengatasinya

Jerawat memang bukan penyakit kulit yang membahayakan. Meski begitu, jika ada jerawat di wajah tentu akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Jerawat memang kadang bandel, ketika sudah ada yang hilang, muncul lagi satu. Kali ini kita bakal ngasih tau juga cara untuk mengatasinya, yaitu dengan :

Pakai Pasta Gigi

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan perlengkapan mandi yang satu ini, selain membuat gigi kita bersih, Pasta Gigi juga bisa membantu wajah kita untuk membersihkan sel kulit mati seperti jerawat. Banyak orang yang bilang bahwa pasta gigi bisa cepat menghilangkan jerawat karena mengandung silica.

Silica adalah zat aktif yang membantu mengeringkan jerawat. Namun, jangan gunakan pasta gigi yang mengandung menthol atau flouride. Dua bahan ini dapat membuat kulit rentan iritasi, hingga menyebabkan kemunculan jerawat yang lebih banyak.

Kompres Es Batu

Jika besok ada acara penting, malam ini kompreslah jerawat dengan es batu yang dibalut kain tipis. Setelahnya, diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Anda jangan menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

Aspirin

Aspirin tak hanya mengobati sakit kepala, Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas kulit dan kemerahan melalui penyempitan pembuluh darah. Agar cepat menghilangkan jerawat, cara pakai aspirin adalah dengan membelahnya dulu menjadi dua dan gerus sampai halus jadi bubuk. Larutkan dengan 1-2 tetes air bersih sampai jadi pasta, kemudian oleskan pada jerawat. Tempel plester untuk melindunginya dan diamkan selama 30 menit.

Obat tetes mata

Obat tetes mata yang bisa digunakan adalah yang mengandung Tetrahydrozoline. Zat ini sangatlah berguna untuk menghilangkan peradangan pada jerawat dengan menyempitkan pembuluh darah. Cara penggunaannya sangat mudah, Bersihkan wajah Anda dan tepuk-tepuk dengan handuk kering. Celupkan cotton bud dalam cairan obat tetes mata. Sapukan pada jerawat yang meradang, biarkan mengering dan oleskan lagi obat tetes mata pada jerawat Anda beberapa kali. Hasilnya akan segera terlihat dalam beberapa jam saja.

Nah, itulah ulasan yang telah dirangkum mengenai penyebab jerawatan dan cara mengatasinya. Sangat praktis bukan? Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua yang mengalami namanya jerawat. Tetap tampil cantik/ganteng ya Sobat Panic Mania. Be beautiful in a natural way.