Sering Mual Saat Menggosok Gigi? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

565

Menggosok gigi merupakan salah satu kegiatan yang harus atau wajib dilakukan setiap hari, paling tidak 2 kali sehari. Sekali di pagi hari dan sekalinya lagi pada malam hari. Ini bukan hanya sebagai rutinitas belaka, tapi hal ini perlu dilakukan untuk menjaga agar gigi kita tetap dalam kondisi yang baik dan sehat.

Ketika menggosok gigi, usahakan lah untuk menggunakan sikat gigi dengan kualitas yang baik, supaya sikat tersebut tidak sampai melukai gusi atau gigi anda. Beberapa orang sering menemukan gusi mereka berdarah pada saat menggosok gigi.

Entah itu karena mereka terlalu keras menggosoknya atau memang sikat giginya yang memiliki bulu yang terlalu kasar atau keras. Tapi apapun alasannya, mulai sekarang anda harus lebih memperhatikan hal tersebut jika tak ingin gusi anda terus-terusan mengeluarkan darah.

Selain masalah gusi berdarah, ada juga masalah lain yang sering dialami oleh orang-orang, yang tak kalah penting untuk anda ketahui terkait dengan kegiatan menggosok gigi ini. Apakah itu?

Permasalahan yang dimaksud adalah mengenai kebiasaan orang-orang yang merasa seperti ingin muntah saat sedang menggosok gigi mereka. Apakah anda juga pernah mengalami hal semacam ini? Kalau pernah, seberapa sering hal tersebut terjadi pada anda? Sudahkah anda mencari tahu mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Sebenarnya tak banyak informasi yang tersedia, untuk menjelaskan kondisi ini. Tapi kami akan mencoba menyampaikan beberapa informasi yang kami ketahui atau yang telah kami dapat dari beberapa sumber, terkait dengan kebiasaa tersebut dan memberitahu ada tidaknya efek yang mungkin ditimbulkan untuk kesehatan anda.

Penyebab Seseorang Mual Saat Menggosok Gigi

Banyak orang mengaku bahwa mereka sering mengalami kondisi yang aneh saat sedang menggosok gigi. Kondisi aneh yang dimaksud adalah perasaan mual dan ingin sekali muntah, yang biasanya terjadi pada pagi hari. Perasaan ini muncul secara tiba-tiba dan terasa cukup menyakitkan.

Mereka yang pernah mengalami hal semacam ini pasti tahu bagaimana tidak enaknya jika hal tersebut terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya aba-aba khusus, terutama saat mereka sedang asyik-asyiknya menyikat gigi. Beruntunglah anda yang tidak mengalami kondisi ini.

Ternyata, hal tersebut tidak muncul tanpa adanya alasan yang mendasarinya. Namun meskipun begitu, orang yang mengalaminya biasanya hanya akan merasakan dorongan seperti ingin muntah atau merasa mual tersebut untuk beberapa waktu saja. Setelah itu, perasaan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Karena perasaan mual dan ingin muntah tersebut tidak belangsung dalam waktu yang lama dan juga bisa hilang dengan sendirinya, maka kesimpulan sementara yang bisa kita ambil dalam kasus ini adalah bahwa kondisi tersebut tidak terlihat terlalu berbahaya atau mengkhawatirkan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa faktor-faktor penyebab seseorang bisa sampai mengalami hal aneh seperti itu di bawah ini.

  • Kondisi Tenggorokan Yang Sensitif

Kondisi tenggorokan tiap-tiap orang tidak lah sama. Ada yang memiliki tipe tenggorokan yang biasa-biasa saja, yang artinya tidak akan menyebabkan hal-hal aneh saat menelan makanan tertentu dan ada pula yang sebaliknya. Nah, mereka yang memiliki tenggorokan sensitif inilah yang seringkali mengalami kondisi seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya.

Mereka yang memiliki jenis tenggorokan yang seperti ini, biasanya akan mencegah sesuatu yang masuk ke dalam. Bagian belakang tenggorokan akan berkontraksi dan menghentikan benda yang ingin masuk tersebut. Tapi hal seperti ini tidak akan terjadi ketika anda ingin menelan sesuatu secara normal.

Artinya, saat menggosok gigi, tetesan air atau pasta yang sudah tercampur dengan air liur yang tidak diharapkan tertelan oleh anda itulah yang menjadi penyebab timbulnya sensasi seperti ingin muntah.

  • Menggosok Gigi Terlalu Keras

Faktor kedua yang menjadi penyebab seseorang merasa mual saat menggosok gigi adalah dikarenakan anda terlalu keras ketika menyikatnya, sehingga sampai mengenai bagian dalam tenggorokan. Mendorong sikat dengan kasar ke dalam mulut ini akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan, yang akhirnya menciptakan sensasi untuk muntah.

Beberapa orang dengan Bulimia mungkin akan memanfaatkan kondisi ini untuk menuntahkan makanannya. Anda pasti tahu kan apa itu Bulimia? Istilah ini sangat populer di kalangan para wanita, karena para pelakunya sebagian besar datang dari kaum tersebut.

Anda yang mungkin belum pernah mendengar istilah ini, Bulimia adalah salah satu jenis gangguan pola makan yang bisa dikatakan cukup serius dan bisa mengancam jiwa.

Mereka yang mengidap kelainan ini biasanya adalah orang-orang yang sangat fanatik dalam menjaga berat badan mereka, dengan cara tidak makan, atau membatasi makanan mereka, sehingga saat mereka mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar, mereka akan mengeluarkannya kembali dari dalam tubuh secara paksa.

Adapun cara yang mereka lakukan untuk mengeluarkannya pada umumnya adalah dengan cara memuntahkan makanan tersebut.

  • Faktor Psikologis

Jika anda pernah merasa mual ketika menyikat gigi, ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh faktor psikologis. Di dalam kasus ini, insiden tersebut ternyata merupakan kesan yang tidak disengaja.

Perasaan ini muncul ketika anda selalu merasa khawatir bahwa anda akan muntah ketika menyikat gigi. Pikiran negatif inilah yang menjadi pemicunya dan juga dapat menyebabkan terjadinya peristiwa negatif.

  • Efek Dari Morning Sickness

Mual yang dirasakan saat menyikat gigi ini juga bisa disebabkan oleh alasan lain, seperti misalnya morning sickness yang umumnya terjadi pada wanita yang sedang hamil. Seperti namanya, gejala ini biasanya muncul di pagi hari.

Bukan hanya itu saja, morning sickness juga bisa terjadi pada seseorang yang suka meminum teh atau kopi di pagi hari sebelum menggosok gigi dan kebiasaan menggunakan obat-obatan seperti NSAIDS atau Dispepsia.

  • Memiliki Riwayat Reflux Asan

Penyebab terakhir seseorang mengalami rasa mual dan perasaan ingin muntah ketika sedang menyikat gigi adalah karena orang tersebut kemungkinan memiliki riwayat penyakit maag, pyrosis dan masalah pada jumlah asam dalam sistem pencernaan.

Dalam istilah ilmiahnya, kondisi tersebut dikenal sebagai refluks asam. Kondisi ini akan menciptakan rasa sakit yang membakar di beberapa daerah tubuh, seperti di daerah dada bagian bawah, yang biasanya terjadi sesaat setelah makan.

Jika saat menyikat gigi anda menemukan nodus busa pasta gigi anda memiliki cairan kental yang berwarna kuning, sebaiknya anda harus lebih berhati-hati dan memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui kondisi yang anda alami.

Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Menyikat Gigi

Jika anda sering mengalami masalah atau kondisi seperti ini, anda tidak perlu langsung merasa khawatir ataupun panik, karena ternyata ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Berdasarkan berbagai penyebab timbulnya kondisi ini, adapun solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya antara lain:

  • Ketika anda menyikat gigi, cobalah melakukannya sambil bernafas melalui mulut 

Bernafas melalui mulut sebagai sambilan saat menyikat gigi akan membantu mengurangi perasaan mual atau keinginan anda untuk muntah yang mungkin muncul secara tiba-tiba.

Anda bisa melakukannya dengan menarik napas dalam-dalam ketika perasaan ingin muntah tersebut muncul. Jangan mencoba untuk menahan napas anda atau melakukan cara-cara aneh lainnya untuk menghentikan kondisi tersebut, karena hanya akan semakin memperburuk situasi.

  • Jangan membuka mulut terlalu lebar saat anda menggosok gigi

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan tidak membuka mulut anda terlalu lebar saat menyikat gigi. Anda harus bisa merilekskan otot-otot mulut dan tenggorokan anda saat melakukannya.

Jika memang memungkinkan untuk anda lakukan, maka gosok lah gigi anda dengan lembut tanpa harus membukanya lebar-lebar. Jika saat menyikat gigi asam lambung anda naik, maka buanglah busa pasta gigi tersebut.

  • Tidak memasukkan sikat gigi terlalu dalam ke mulut

Ketika sedang menggosok gigi, jangan sampai anda memasukkan sikat yang anda gunakan terlalu dalam ke mulut ataupun menyikatnya dengan sangat keras atau kuat, karena tanpa anda sadari hal tersebut secara tidak sengaja dapat menusuk dan melukai tenggorokan, yang pada akhirnya akan menyebabkan anda merasa mual.

  • Ganti sikat gigi anda dengan bulu yang lebih lembut

Pemilihan sikat gigi yang anda gunakan setiap harinya juga memiliki peranan yang sangat penting untuk mengatasi masalah ini. Cobalah untuk menggunakan sikat yang memiliki bulu yang lembut atau halus, jika anda tak ingin mengalami kondisi tersebut.

Selain memilih sikat yang tepat, anda juga bisa mengganti pasta gigi anda dengan yang tidak terlalu pedas. Anda bisa memilih pasta dengan aneka rasa lain seperti rasa buah-buahan misalnya.

  • Membilas mulut dengan air hangat sambil menyikat gigi

Sejak dulu, air hangat memang sudah diketahui memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, diantaranya dapat meningkatkan pengencangan usus, membantu sistem pencernaan dan mengatur pergerakan usus.

Itulah sebabnya mengapa anda selalu dianjurkan untuk meminum air hangat saat bangun tidur. Selain itu, air hangat ini ternyata juga bisa membantu menghilangkan efek mual dan ingin muntah saat menyikat gigi. Cara untuk melakukannya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan membilas mulut dan gigi dengan air hangat selama anda menyikat gigi.

  •  Membersihkan mulut dengan obat pencuci mulut

Jika anda merasa tidak yakin dengan kebersihan mulut anda karena anda pikir sikat gigi anda belum menyentuh seluruh bagian mulut seutuhnya, sehingga menyebabkan anda sering merasa mual saat menggosok gigi, maka anda bisa menggunakan bantuan dari obat pencuci mulut atau lidah untuk membersihkannya.

Jika anda mau ataupun berminat, obat ini bisa anda temukan dengan mudah di apotek-apotek terdekat yang ada di sekitar anda.

  • Gunakan benang gigi untuk menyapu lidah

Jika penggunaan pencakar lidah masih tetap membuat anda sering merasa mual, maka gunakanlah benang gigi untuk menyapu lidah anda. Caranya mudah, anda tinggal mengambil benang biasa, lalu menggosokkannya ke lidah anda dari dalam ke luar. Metode ini akan cukup berhasil untuk anda yang memiliki tenggorokan sensitif.

Gimana? Cukup mudah bukan untuk melakukan cara-cara yang disarankan di atas? Nah, untuk anda yang sampai saat ini masih sering merasa mual dan ingin muntah saat menyikat gigi, mulai hari ini anda bisa mencoba mempraktekkannya.

Tidak perlu mencobanya sekaligus. Anda bisa mencobanya satu per satu sampai akhirnya anda menemukan salah satu yang menurut anda paling pas dan cocok untuk anda. Sekian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga penjelasan kami ini bisa membantu dan menjadi solusi terbaik untuk masalah anda.