Setelah Preview Tile dan Super Zoom, Instagram Kembali Hadirkan Fitur Terbaru Lainnya

490

Anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan fitur baru instagram, yang bernama superzoom dan preview tile? Kedua fitur tersebut merupakan fitur-fitur terbaru yang saat ini dikabarkan tengah booming di masyarakat, terlebih lagi di kalangan para pecinta aplikasi instagram.

Lebih dari setahun yang lalu, instagram telah meluncurkan tiruan dari fitur story snapchat yang pada waku itu sedang populer di masyarakat. Dan sejak saat itu, versi story dari instagram tersebut dikabarkan telah berhasil menjangkau lebih dari 250 orang pengguna aktif setiap harinya.

Jumlah ini naik dari yang sebelumnya yang hanya memiliki 200 juta pengguna aktif pada bulan April yang lalu. Dengan jumlah pengguna yang besar tersebut, maka fitur baru ini dinyatakan secara resmi telah mengalahkan jumlah pengguna snapchat yang hanya berkisar 166 juta orang saja. Informasi tersebut dikabarkan pada bulan Mei yang lalu.

Preview Tile Atau “Ubin Pratinjau”

Jika sebelumnya cerita atau stories hanya terbatas pada bar yang berada pada bagian atas aplikasi, namun kini Instagram kelihatannya mencoba untuk menciptakan sebuah inovasi baru, dengan menempatkan “ubin pratinjau (preview tile)” yang jauh lebih besar pada stories di umpan utama pengguna.

Anda akan melihat preview tile ini ketika digulir (scrolling) di seluruh umpan, di bawah “Cerita Terbaru (recent stories)“. Anda juga akan melihat tiga ubin (tiles) yang ukurannys agak besar dibandingkan tiles lain yang berikutnya, dimana masing-masing tiles tersebut menawarkan preview stories dari pengguna lain dan juga menampilkan pilihan untuk  melihat keseluruhan cerita.

Kalau anda adalah salah satu orang yang telah menggunakan media sosial bernama Instagram ini, maka anda tentunya tahu bahwa terkadang ketika anda sedang menggulir umpan anda, anda akan diingatkan untuk memeriksa Stories Instagram orang yang Anda ikuti dan yang belum Anda lihat.

Namun seperti yang bisa anda lihat pada gambar yang ada di bawah ini, dengan adanya inovasi atau fitur ubin pratinjau umpan tengah (Mid Feed Preview Tiles)  berarti anda bisa menyelinap untuk mengintip seperti apa isi dari stories tersebut.

Di dalam sebuah pernyataan yang disampaikan kepada TechCrunch, yaitu juru bicara Instagram mengatakan bahwa fitur IG baru ini akan sangat memudahkan para penggunanya untuk melihat pratinjau yang memuat “cerita dari orang-orang dan akun yang ada di dalam pertemanan Instagram anda.”

Bar yang berada di bagian atas biasanya berfungsi untuk menampung Instagram stories yang masih ada, namun tidak lagi muncul mid-feed. Mid-feed inilah yang akan digantikan oleh “ubin pratinjau dari cerita terbaru“.

Dengan hadirnya fitur IG terbaru ini, para pengguna aktif media sosial ini pun mulai mengeluarkan tanggapan mereka. Umumnya, pengguna dari Instagram kelihatan tidak begitu menyukai umpan (feed) mereka untuk diinterupsi dengan konten lainnya dan ubin pratinjau ini yang agak menonjol.

Ada salah seorang pengguna yang mengatakan bahwa secara pribadi, Dia adalah salah satu penggemar model Instagram yang dulu, karena bentuk dari desainnya yang lebih tua dan lebih kecil. Tapi bagaimanapun juga, ini adalah sesuatu yang harus bisa anda biasakan, karena jika tidak anda akan banyak ketinggalan informasi yang berkaitan dengannya.

Selanjutnya, Instagram juga telah mulai menguji kamera stop-motion baru untuk Stories. Fitur ini, seperti dilansir The Verge, memungkinkan pemakainya untuk mengambil serangkaian gambar dan kemudian mengeditnya dengan stiker dan test atau tulisan. Dan hasil akhir dari editan itu adalah stop-motion GIF yang diposkan ke cerita Anda.

Berdasarkan hal yang sudah dijelaskan di atas, semuanya tergantung pada minat anda. Anda bisa memilih apakah anda ingin menonton stories tersebut atau tidak. Sebelum fitur ini ada, para pengguna IG tidak memiliki cara lain untuk mengetahui konten seperti apa yang ditampilkan di dalam Instagram Stories mereka, sampai mereka benar-benar mengekliknya.

Pratinjau ini bertujuan untuk mencegah anda membuang-buang waktu untuk mengklik. Dan dalam beberapa kasus tertentu, hal ini bisa membantu anda untuk menghindari anda untuk melihat atau mengklik stories atau cerita-cerita yang memang tidak ingin anda lihat, yang mungkin bersifat tidak aman untuk diridan pekerjaan anda.

Setelah mngetahui fitur baru dari Instagram di atas, apa pendapat anda tentang perubahan ini? Versi manakah yang menurut anda yang paling anda suka dan lebih membantu anda? Jawabannya kembali kepada diri anda masing-masing.

Fitur baru ini telah dikonfirmasi oleh Instagram, yang tentunya dalam waktu dekat akan tersedia untuk semua pengguna Instagram. Untuk melihat fitur baru ini, anda perlu memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru.

Bukan hanya itu saja, perusahaan pencipta fitur baru IG ini juga telah mengumumkan adanya fitur replay video baru yang memungkinkan para pengguna untuk berbagi klip video, yang sebelumnya tersedia sebagai video langsung di IG Stories. Bagaimanakah caranya? Berikut ini adalah jawabannya.

Cara Berbagi Clip Video Langsung di IG Stories

  • Pertama-tama, hal yang perlu anda lakukan adalah merekam video. Kemudian, saat siaran anda telah selesai dilakukan, maka silahkan klik atau menekan perintah yang bertuliskan “Bagikan” yang terletak di bawah layar untuk menambahkan replay anda ke Instagram stories selama 24 jam.
  • Selain itu, anda juga bisa mengetuk toggle dan memilih “Discard” dan video tersebut akan langsung hilang dari aplikasi seperti biasanya.

Pada saat seseorang membagikan pemutaran video siaran Langsung mereka ke IG Stories, anda akan melihat tombol putar kecil akan muncul di ikon mereka untuk menunjukkannya.

Fitur Super Zoom di Instagram

Beberapa waktu yang lalu, Instagram telah meluncurkan fitur baru yang menyenangkan, yang disebut dengan superzoom. Fitur ini digunakan untuk merekam video anda yang akan meluncur secara perlahan ke wajah anda. Meskipun terlihat konyol, namun ini adalah hal yang sangat lucu dan menyenangkan untuk dilakukan.

Tidak lama setelah fitur baru yang bernama superzoom ini dirilis, hampir semua masyarakat mulai membicarakannya di jejaringan sosial. Instagram telah menghadirkan fitur Superzoom ini bersamaan dengan kehadiran fitur tema halloween yang lainnya. Efek Superzoom ini sendiri cukup digemari karena memberikan efek dramatis yang dapat menghibur.

Inspirasi Pembuatan Superzoom

Satu dekade yang lalu, sebuah klip berdurasi lima detik dari seekor anjing di padang rumput sempat menjadi viral. Selain itu, “Drama Chipmunk,” juga sempat memikat masyarakat dunia dengan tingkah-tingkah mereka yang lucu. Tahukah anda kalau super zoom awalnya telah muncul dalam budaya populer sejak saat itu?

Dan kini, fitur ini kembali populer dan sekarang adalah saatnya bagi anda untuk mencoba menggunakan fitur ini pada kamera smartphone anda. Dimanakah fitur ini bisa digunakan? Jawabannya adalah di Instagram. Instagram memiliki alat baru yang akan melakukannya untuk anda secara otomatis.

Superzoom yang telah diluncurkan di Android dan iOS ini memungkinkan anda untuk membuat gaya dramatis seperti Chipmunk zoom dengan satu ketukan saja.

Seperti yang bisa anda lihat, video dengan durasi pendek akhir-akhir ini telah terbukti menjadi salah satu sumber kehidupan dari format story yang ada di Instagram. Salah satu contohnya adalah Boomerang, yang bermain dengan sangat baik di dalam Instagram Stories.

Selain boomerang, sekarang telah hadir superzoom yang memang memiliki sedikit kemiripan dengan Boomerang. Untuk bisa menghasilkan sebuah video superzoom yang bagus, biasanya seseorang membutuhkan lebih dari satu kali percobaan.

Itulah sebabnya mengapa akan lebih baik jika sebelum melakukannya anda melatihnya beberapa kali. Dengan begitu, hasil yang anda dapat juga akan memuaskan. Sejak kehadirannya, beberapa terakhir ini, fitur ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

Bagaimana ya cara untuk melakukan superzoom ini? Anda yang masih belum paham atau mengerti cara untuk melakukannya, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Instagram

Langkah pertama yag harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Instagram di iPhone atau ponsel Android anda, lalu gesek tepat di seberang layar. Ini adalah cara tercepat untuk sampai ke aplikasi kamera di dalam instagram. Selain cara ini, anda juga bisa mengklik icon kamera yang berada di bagian atas sebelah kiri pada aplikasi IG.

  • Temukan Superzoom

Setelah anda berada di aplikasi kameranya, anda harus menemukan pilihan menu yang bertuliskan superzoom dengan cara menggeser pilihan menu ke samping sampai anda menemukan menu tersebut.

  • Mulai Zoom

Sekarang arahkan kamera ke anda, seseorang, atau siapapun yang ingin di zoom, kemudian mulailah melakukan zooming super, dengan cara menekan icon bulat, yang biasa anda gunakan untuk mengambil foto, yang berada di atas menu super zoom.

Instagram perlahan-lahan akan menggerakkan kamera lebih dekat dan mendekati wajah subjek sampai sangat dekat dengan kata “menyeramkan”.

Fitur ini akan menciptakan video dari creep yang lambat menuju ke wajah anda dan anda bisa membagikannya. Setelah berhasil melakukannya, anda pasti akan tertawa melihat ekspresi lucu yang dihasilkan.

Cara Lainnya

Selain dengan cara di atas, anda juga bisa melakukannya dengan cara: sorot alat di kamera cerita, pilih kamera depan atau belakang, lalu sentuh tombolnya.

Jika Anda mengetuk sekali, anda akan membuat Superzoom dalam durasi 3 detik.  Anda dapat menekannya terus untuk membuat durasi yang lebih lama. Semua Superzoom termasuk musik dramatis akan dihasilkan untuk meningkatkan efeknya.

Gimana? Mudahkan guys? Yuk coba dipraktekkan di smartphone masing-masing. Menyenangkan bukan melakukannya? Ekspresi anda pasti sangat lucu di sana.

Stop Motion Akan Hadir di Instagram

Selain kedua fitur yang sudah disebutkan di atas tadi, tampaknya Instagram masih akan menciptakan atau memiliki fitur-fitur lainnya yang kemungkinan akan segera dihadirkan dalam waktu dekat ini.

Baru-baru ini Instagram dikabarkan bakal segera menghadirkan fitur baru pada Instagram Stroriesnya, yang bernama Stop Motion.

Pada dasarnya fitur ini akan memungkinkan anda untuk merangkai sejumlah foto yang nantinya digabung menjadi satu, hingga menjadi bentuk animasi gif. Sebelum diunggah ke Instagram Stories, animasi tersebut juga masih bisa diedit layaknya posting Story yang lain pada umumnya.

Tapi sayangnya, masih belum diketahui dengan pasti kapan fitur Stop Motion tersebut akan dirilis, namun diharapkan perusahaan segera menggulirkan fitur baru tersebut dalam waktu dekat ini. Instagram Stories sendiri pada dasarnya merupakan fitur yang sebelumnya dimiliki oleh Snapchat.

Namun Instagram membuat fitur ini lebih baik dengan menambahkan fitur-fitur penunjang lain seperti Boomerang, Rewind dan yang terbaru adalah Superzoom. Bahkan Instagram juga menambahkan Live Streaming, yang kini bisa dilakukan oleh dua orang pengguna dalam waktu bersamaan.

Yah, namanya juga teknologi, pasti akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan aplikasi-aplikasi yang menjadi penunjang di dalam sebuh smartphone. Sebagai pengguna, kita hanya bisa menunggu inovasi-inovasi kreatif yang bagaimana lagi yang akan diciptakan dikesepannya.