Makin Canggih, Inilah Teknologi Hebat Yang Akan Hadir di Tahun 2018

183

Tahun 2018 ini tampaknya akan menjadi tahun yang besar untuk perkembangan teknologi dunia. Bagaimana tidak, tahun lalu, perkembangan teknologi yang terjadi tidak bisa dianggap sepele atau dipandang dengan sebelah mata, karena dampak yang ditimbulkan oleh mereka sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Bebera diantaranya adalah seperti: pengguna Twitter yang akhirnya bisa melepaskan diri dari rantai 140 karakter mereka, sementara Tesla berhasil menghasilkan mobil listrik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Munculnya serangan ransomware Wannacry, yang terjadi di tahun 2017 kemarin menjadi salah satu serangan cyber yang paling mengganggu dalam sejarah yang pernah terjadi juga adalah salah satu dari banyaknya bukti yang memperlihatkan betapa pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi.

Entah itu adalah kabar baik atau tidak, tapi bisa dibilang kalau tahun 2017 adalah tahun yang sibuk di bidang teknologi. Hal yang sama tampaknya juga akan terjadi di tahun 2018 ini. Keinginan manusia untuk selalu bersaing dalam menciptakan sesuatu yang baru menjadi faktor pendorong perkembangan tenologi yang terjadi.

Berikut ini ada beberapa tren teknologi penting yang diprediksi akan membuat gebrakan baru di tahun 2018.

1. Permeasi Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan buatan (AI), yang sebagian besar bermanifestasi melalui algoritma pembelajaran mesin, ternyata tidak semakin membuat kehidupan manusia menjadi semakin membaik. Salah satu alasannya adalah dikarenakan besarnya dana yang dibutuhkan untuk pembuatan AI tersebut.

Oleh karena itu, di tahun ini AI rencananya akan dimasukkan ke dalam beragam aplikasi. Daripada hanya berfokus pada satu tujuan, seperti misalnya untuk menguasai permainan atau berkomunikasi dengan manusia, AI kini mulai tampil di hampir semua platform, aplikasi, atau perangkat baru lainnya. Tren itu akan berakselerasi pada tahun 2018.

Pada akhir 2018, AI diprediksi akan menjadi andalan dalam segala bentuk teknologi.

2. Smartphone Akan Digantikan Oleh Ponsel Cerdas

Tahun 2018 diprediksi akan menjadi tahun akhir bagi smartphone. Dulunya smartphone digambarkan sebagai sebuah perangkat, yang memungkinkan setiap orang untuk tetap terhubung dengan cara lain selain dengan menggunakan panggilan suara, yang sifatnya sudah kuno sekarang.

Nah, tampaknya smartphone versi tahun ini akan berubah untuk menyaingi teknologi kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin.

Meski masih bisa disebut dengan istilah smartphone, namun akan jauh lebih tepat algi jika mengganti istilah tersebut dengan sebutan “ponsel cerdas” di tahun 2018 dan seterusnya.

Perlu anda ketahui bahwasannya prosesor mobile yang diciptakan nantinya dibuat dengan maksud untuk menangani teknologi A.I. Di tahun ini, tampaknya asisten digital diprediksi akan menjadi jauh lebih berguna, karena mereka akan dapat mengantisipasi kebutuhan anda bahkan sebelum anda bertanya.

Coba bayangkan bagaimana rasanya jika saat ini anda bisa berinteraksi dengan asisten digital. Pekerjaan yang anda kerjakan pastinya akan menjadi lebih mudah dan membuat anda tidak perlu lagi membuang banyak energi.

Tidakkah akan menjadi jauh lebih efisien jika anda memintanya untuk “menyalakan lampu” di ruangan, daripada harus memberi tahu persis lampu mana yang perlu dimatikan?

Perangkat ini secara otomatis akan menyadari lokasi lampu mana yang perlu dihidupkan dan juga akan langsung memicu cahaya terdekat yang saat ini tidak aktif menjadi aktif, tanpa anda harus capek-capek menentukannya. Keren kan?

Perangkat cerdas masa depan akan menjadi “benar-benar cerdas”, dimana nantinya antara manusia dan perangkat cerdas tersebut akan saling berhubungan dan bisa menjadi lebih berguna untuk manusia.

3. Persiapan Teknologi 5G

Teknologi yang diprediksi akan hadir di tahun 2018 salah satunya adalah hadirnya jaringan 5G yang pastinya akan lebih canggih dari jaringan 4G yang banyak digunakan sekarang ini.

Internet 5G memiliki potensi hampir 10 kali lebih cepat dari 4G, yang akan membuatnya bahkan lebih baik daripada kebanyakan layanan internet yang biasa digunakan di rumah.

Dengan demikian, teknologi ini berpotensi merevolusi cara bagaimana konsumen menggunakan internet dan bagaimana pengembang memikirkan aplikasi dan konten streaming.

Tahun 2018 juga akan menjadi tahun persiapan besar bagi para insinyur, pengembang dan konsumen, karena mereka harus mempersiapkan diri menghadapi generasi baru internet.

4. Tatap Muka Tanpa Melakukan Sentuhan

Video Call atau hubungan tatap muka merupakan salah satu teknologi gadget yang sangat nge-tren atau populer tahun lalu dan bisa dibilang juga masih digunakan hingga sekarang ini.

Namun sebagian besar gadget mengandalkan beberapa jenis interaksi fisik agar bisa bekerja. Hal inilah yang berniat untuk diubah oleh para penghasil gadget dunia untuk tahun ini, dengan fokus pada interaksi tatap muka “tanpa sentuhan”.

Amazon Alexa, Siri dan asisten virtual lainnya sudah siap untuk mulai melatih anda untuk tidak lagi mendominasi penggunaan gadget dengan menggunakan jempol atau jari-jari anda yang lainnya.

Dan informasi yang harus anda ketahui tentang masa depan smartphone kali ini, adalah sebuah fakta bahwasannya ada cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan interaksi tatap muka, tanpa harus menggunakan jari seperti yang biasa dilakukan oleh orang-orang dan pastinya teknologi tersebut akan jauh lebih berguna dan mudah.

Bayangkan anda bisa mengisi botol kosong anda demgan jus hanya dengan mengatakan “Alexa, pesan ini” dan teknologi tersebut akan melakukannya untuk anda tanpa harus alexa tahu apa yang anda lihat atau pegang.

Fitur lain, seperti respons yang disesuaikan berdasarkan ‘siapa yang menyuruh’ sebenarnya sudah tersedia dan akan dipublikasikan tahun ini.

Dikombinasikan dengan tren teknologi lainnya yang akan memainkan peran besar di tahun 2018, teknologi antar muka tanpa sentuhan akan mengubah hidup dan kebiasaan tap dan swipe yang biasa anda lakukan di masa lalu.

5. 2018 Adalah Tahun Bot

Sebagian besar dari anda mungkin sudah tidak akan asing lagi dengan penggunaan istilah Bot. Istilah ini sering digunakan pada saat menelepon untuk membuat reservasi penerbangan atau untuk mengkonfirmasi saldo rekening bank.

Penggunaan bahasa bot tahun ini tampaknya akan berkembang dari penggunaan sebagai agen layanan pelanggan otomatis menjadi rutinitas untuk kehidupan sehari-hari.

Bots yang digunakan di rumah akan melakukan tugasnya lebih dari sekedar menanggapi permintaan, melainkan juga bisa memberikan informasi tepat waktu seperti misalnya, “Inilah saatnya untuk meminum obat anda.”

Anda tentunya ingin bukan memiliki teknologi yang berdedikasi dan bisa selalu berada di sisi anda seperti yang dijelaskan di atas tadi?

Bayangkan jika anda memiliki sebuah bot yang bisa berbisik di telinga anda dan mengatakan “jangan melakukan pembelian itu atau anda akan melewati batas kredit Anda” atau “meteran parkir (alat yang digunakan untuk mengukur waktu lama parkir dan menerima pembayaran uang parkir) anda akan habis dalam dua menit.

Bukan hanya itu saja, Bots ini juga akan membantu anak-anak anda, bertindak sebagai penasihat investasi keuangan dan masih banyak lagi kegunaan-kegunaan yang lainnya.

Itulah kelima teknologi masa depan yang diprediksi akan segera hadir di tahun 2018. Teknologi di atas hanyalah segelintir contoh dari perkembangan teknologi yang mungkin akan terjadi tahun ini. Sebenarnya masih banyak contoh-contoh yang lainnya, yang kalau disebutkan semua tidak akan ada habisnya.

Karena ini hanyalah sebuah prediksi, maka tidak bisa dipastikan kalau hal tersebut benar-benar terjadi. Namun meskipun begitu, satu-satunya prediksi yang bisa anda yakini 100% akan terjadi adalah adalah kenyataan bahwa “masa depan akan terlihat sangat berbeda dari hari ini“.

Usai sudah penjelasan ini kami sampaikan, semoga bisa menambah wawasan anda.