Darknet, Tempat Transaksi Jual-Beli Online Yang Menyembunyikan Identitas Pembelinya

483

Sebelumnya, pernahkah anda mendengar atau membaca informasi tentang Darknet? Darknet atau yang juga biasa disebut dengan ‘Dark Web’ atau ‘Deep Web’ ini sering diartikan sebagai bagian dari pasar gelap dan tempat yang sering digunakan saat melakukan sesuatu yang sifatnya rahasia.

Namun untuk pengertian jelasnya, yang dimaksud dengan Darknet ini sebenarnya adalah sebuah situs web khusus, dimana identitas setiap orang di dalamnya akan disembunyikan (aman dari orang lain).

Selain itu, kebanyakan dari situs seperti ini biasanya bertentangan dengan pihak berwenang, trackers serta penegak hukum. Sanking bersifat rahasianya, mesin pencari biasa dan browser web biasa tidak akan bisa melihat halaman Darknet ini.

Bisa dibilang kalau ini seperti ruang virtual pribadi, dimana orang-orang bisa bergerak atau berinteraksi, tanpa harus saling mengetahui identitas lengkap dari orang yang mereka ajak berkomunikasi tersebut untuk mencapai suatu tujuan tertentu.  Tujuan yang dimaksud tersebut bisa bersifat positif dan juga jahat (negatif).

Tujuan Darknet

Tujuan keseluruhan dari Darknet tentunya adalah untuk menyediakan tempat aman yang tidak akan mengungkap identitas pribadi seseorang secara online, sehingga orang-orang yang sudah tergabung di dalamnya dapat berinteraksi, tanpa harus merasa takut akan hukum atau yang lainnya.

Darknet umumnya memiliki atau berisi forum percakapan, blog whistleblower, layanan perjodohan, pasar online, sumber dokumentasi dan masih banyak lagi layanan lainnya.

Darknet ini sebenarnya memiliki 2 tujuan, tergantung pada cara mereka yang menggunakannya. Adapun tujuan yang dimaksud antara lain:

  • Tujuan Positif

Meskipun namanya adalah DARKnet, bukan berarti web ini tidak memiliki tujuan yang positif. Pada satu sisi, Darknet merupakan tempat perlindungan bagi demokrasi dan oposisi terhadap korupsi.

Di sini, whistleblower bisa melaporkan kesalahan-kesalahan perusahaan dan pemerintah kepada wartawan, serta memperlihatkan tindakan korupsi yang disembunyikan dari publik.

Darknet juga merupakan tempat bagi individu yang berada di negara-negara yang melakukan penindasan untuk menemukan pemikir yang berpikiran sama dan mungkin menemukan bantuan untuk melepaskan diri dari keadaan mereka yang tertindas tersebut.

Dan tujuan positif Darknet yang terakhir adalah sebagai tempat berlindung bagi jurnalis dan orang-orang yang memiliki gaya hidup kontroversial (seperti BDSM), untuk berkomunikasi dan menggunakan jaringan tanpa perlu merasa takut akan pembalasan dari orang-orang tertentu.

  • Negatif

Seperi namanya, Darknet merupakan pasar gelap, dimana barang selundupan dan layanan ilegal dapat dibeli dan dijual di tempat ini.

Narkotika, senjata api, nomor kartu kredit curian, pornografi ilegal, layanan pencucian uang dan bahkan mempekerjakan pembunuh bayaran adalah beberapa pilihan pasar yang tersedia di Darknet.

Jika anda ingin menggunakan software ini, anda tentunya harus cukup mahir dalam menggunakan komputer, terutama untuk menginstal dan menggunakan perangkat lunak khusus tersebut.

Jika memang anda memiliki kemampuan tersebut, maka ada dua pilihan Darknet yang akan tersedia untuk anda, yaitu: protokol I2P dan protokol TOR. Keduanya merupakan teknologi yang berbeda, yang menangani cloaking (persembunyian) dan anonymizing di balik layar.

Untuk kedua protokol tersebut, Darknet bekerja dengan menggunakan enkripsi matematika yang kompleks, yang berfungsi untuk mengacak identitas pribadi, identitas jaringan dan lokasi fisik para peserta.

Lalu lintas jaringan secara keseluruhan akan terpental sekitar ribuan server di seluruh dunia, sehingga membuat penelusuran menjadi tidak mungkin. Semua bisnis dan perpesanan dilakukan dengan menggunakan nama samaran yang tidak akan ada hubungannya dengan identitas asli anda.

Sebagian besar transaksi uang dilakukan dengan menggunakan bitcoin dan layanan escrow atau layanan pihak ketiga, yang bertujuan untuk melindungi pembeli dan penjual dari perdagangan yang tidak jujur.

Syarat Untuk Bisa Menggunakan Darknet

Untuk berpartisipasi dalam I2P atau TOR Darknet, anda perlu menginstal perangkat lunak enkripsi khusus, browser web khusus dan jika anda ingin membeli sesuatu, maka anda juga perlu membeli perangkat lunak bitcoin dan menginstal perangkat lunak dompet bitcoin.

Perbedaan Antara TOR dan ISP

Seperti yang telah disebutkan di atas tadi, darknet terbagi menjadi 2 jenis, dimana Darknet TOR adalah yang paling populer jika dibandingkan dengan ISP. TOR berfokus untuk memberi akses anonim kepada pengguna ke web reguler dan Darknet.

Situs web gelap di TOR biasanya menggunakan nama domain .onion (misalnya: alamat seperti http://silkroadvb5piz3r.onion). Darknet surfing (penelusuran) juga jauh lebih cepat dengan menggunakan TOR dan populasi yang tak diketahui namanya sangat tinggi di dunia maya TOR.

TOR sendiri merupakan singkatan dari ‘The Onion Router‘.

Sedangkan I2P adalah jaringan tersembunyi yang lebih kecil dari TOR, yang umumnya lebih lambat untuk hal kinerja kecepatan dan lebih eksklusif daripada TOR.

Anda tidak bisa menggunakan browsing I2P ini untuk melihat halaman web biasa. I2P diperkirakan terus mengalami pertumbuhan dalam populasi dari waktu ke waktu dan beberapa berpendapat bahwa I2P lebih tahan terhadap pengawasan penegak hukum.

I2P adalah singkatan dari ‘Invisible Internet Project‘.

Proses Pembayaran Darknet

Karena menggunakan PayPal atau pembayaran kartu kredit akan menguak identitas pelakunya, maka Darknet lebih suka menggunakan mata uang virtual bitcoin, yang lebih sulit dilacak daripada uang tunai.

Dalam banyak kasus, layanan escrow atau pihak ketiga akan bertindak atas nama pembeli dan penjual dengan bertindak sebagai perantara terpercaya, dengan imbalan biaya komisi.

Pertukaran bitcoin tersebut dilakukan dengan menggunakan nomor rekening anonim, seperti rekening bank Swiss, namun dengan lebih banyak cloaking.

Nomor akun anonim inilah yang disebut sebagai dompet bitcoin, yang merupakan perangkat lunak khusus yang sudah anda pasang atau instal sebelumnya.

Untuk penggunaan bitcoin ini, anda harus tahu satu hal, yaitu bahwa bitcoin adalah mata uang yang tidak diatur. Jika anda merasa ditipu atau diperlakukan dengan tidak jujur ​​dalam transaksi keuangan, anda tidak bisa pergi ke bank dan meminta mereka mengembalikan uang anda.

Ingat, setelah uang bitcoin diperdagangkan, maka tidak akan bisa dibalik secara elektronik.

Fungsi Escrow Sebagai Pihak Ketiga

Escrow pada Darknet ini merupakan layanan yang bertindak sebagai perantara yang tepercaya. Layanan escrow inilah yang nantinya bertugas untuk memverifikasi bahwa pembeli benar-benar memiliki uang yang tersedia untuk membayar dan menahan dana tersebut untuk sementara.

Layanan escrow kemudian mengkomunikasikan hal ini kepada penjual, kemudian menunggu untuk memverifikasi bahwa produk yang dipesan benar-benar sudah dikirim ke pelanggan, sebelum akhirnya melepaskan dana tersebut ke penjual.

Layanan escrow ini terkadang disediakan oleh pasar darknet itu sendiri (misalnya situs darknet ‘Nucleus’ menjanjikan layanan pencarian escrow dan sengketa kepada semua kliennya). Ada juga layanan escrow pihak ketiga lainnya, seperti TorEscrow.

Proses Pengiriman Barang Darknet

Sama seperti paket dari Amazon, barang selundupan Darknet juga dikirim melalui pos biasa atau layanan pengiriman kurir. Itu berarti senjata dan narkotika tiba dengan cara yang sama, seperti saat seseorang yang membeli sepasang jeans biru secara online.

Resiko yang timbul pastinya berkisar di seputar pembelian Darknet, yang kemungkinan bisa diidentifikasi oleh penegak hukum. Resiko ini sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat lainnya, karena yurisdiksi di seluruh dunia mematuhi hukum yang berbeda-beda, seputar masalah pemeriksaan dan pembukaan bingkisan.

Di Amerika Serikat, layanan pos dan pengiriman biasanya menggunakan kombinasi sinar-x, anjing pelacak dan inspeksi visual, yang difungsikan untuk mengidentifikasi barang selundupan.

Jika paket selundupan yang masuk (milik anda) tersebut berhasil teridentifikasi, serta dianggap cukup serius bagi polisi untuk menyelidiki, maka pihak berwenang berhak menugaskan agen rahasia untuk memberikan atau mengantarkan paket tersebut kepada anda langsung dan meminta pernyataan dari anda untuk memberi informasi tentang isi paket tersebut.

Dalam hal ini pasti akan selalu ada resiko tertangkap untuk tindakan menerima barang selundupan. Jika paket anda disita oleh penegak hukum, tapi anda berhasil lolos dari penuntutan, anda bisa menghubungi layanan escrow anda agar penjual mengirimkan paket lain yang identik (sama), atau mengembalikan uang anda.

Jika polisi menangkap anda dan mengatakan kalau anda telah melakukan sebuah pelanggaran untuk kasus selundupan, maka semoga saja anda memiliki pengacara yang benar-benar paten atau hebat.

Nah, itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai darknet. Semoga saja apa yang kami sampaikan ini bisa menambah wawasan anda.

Tapi terlepas dari itu, baik buruknya darknet yang telah dibahas tadi setidaknya bisa membuka pikiran anda, untuk mengetahui mana hal-hal yang boleh dan yang tidak boleh anda lakukan. Kalau bisa, hiduplah dengan damai dan jangan pernah bermain api jika tak tau cara memadamkannya.