Berdasarkan Survey, Robot Akan Menguasai Manusia di Masa Depan

516

Dunia yang didukung dengan teknologi yang canggih merupakan idaman sebagian besar manusia di dunia. Bukan tanpa alasan manusia berlomba – lomba untuk menciptakan berbagai teknologi canggih pada masa seperti sekarang ini. Manusia yang berkeinginan untuk menciptakan kehidupan yang semakin baik dan mudah dikedepannya berpendapat, bahwa kemajuan teknologi adalah salah satu yang dapat mewujudkan keinginan tersebut.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda setuju dengan pendapat di atas? Sebagian dari anda mungkin akan mengatakan setuju dan yang lain akan memberikan jawaban yang sebaliknya. Perbedaan pendapat tersebut merupakan hal yang sangat lumrah terjadi di masyarakat.

Robot Masa Depan

Untuk saat ini, mungkin anda bisa menikmati kemajuan teknologi tersebut. Akan tetapi, pernahkah sebelumnya anda memikirkan apa yang kelak bisa terjadi di masa yang akan datang, jika manusia terlalu bergantung pada teknologi tersebut? Pernah tidak? 

Pemikiran anda mungkin tidak sampai sejauh itu. Tapi ketahuilah bahwa apa saja bisa terjadi di dunia ini. Sesuatu yang awalnya sengaja anda ciptakan untuk membatu kehidupan manusia di dunia, kelak bisa berbalik menjadi penghancur kehidupan si penciptanya dan orang lain.

Tidak percaya? Pemikiran tersebut tentu saja didasarkan pada sebuah survey atau penelitian tertentu. Kemajuan teknologi yang dimaksud salah satunya adalah teknologi robot.

Bahaya Teknologi Robot di Masa Depan

Pernahkah anda menonton sebuah film yang berjudul ” I, Robot “? Film ini dirilis pada bulan Juli tahun 20o4 yang lalu. Meskipun sudah tayang cukup lama, namun film ini telah diputar beberapa kali di televisi. Gimana? Apakah anda pernah menonton film ini? Film ini seru loh, guys. Untuk anda yang belum pernah menonton film I, Robot ini, berikut adalah sedikit cuplikan trailernya:

I, Robot merupakan sebuah film yang mengisahkan tentang kondisi kota Chicago pada tahun 2035. Dimana kemajuan teknologi sudah tidak bisa dibendung lagi. Terutama kemajuan para robot yang telah memiliki sifat bahkan intelegensi yang hampir menyamai manusia.

Awalnya berbagai robot tersebut diciptakan atau digunakan untuk membantu kehidupan manusia, agar kehidupan tersebut menjadi lebih baik dan juga menjadi lebih mudah. Tapi ternyata kemajuan dari para robot tersebut tidak sepenuhnya didukung oleh semua orang. Termasuk salah satunya adalah seorang polisi yang bernama Del Spooner (diperankan oleh Will Smith). Dia sama sekali tidak terlihat senang dengan kemajuan para robot tersebut.

Dan sangat kebetulan sekali spooner harus dihadapkan dengan sebuah kasus kejahatan yang diduga telah dilakukan oleh salah satu robot yang diciptakan oleh manusia pada masa itu. Namun tak disangka, kasus ini pada akhirnya berubah menjadi sebuah ancaman yang lebih besar untuk keselamatan umat manusia.

Nah, film I, Robot ini seakan memberikan sebuah informasi bahwasannya, teknologi robot buatan manusia yang sangat dibanggakan saat ini kelak akan mengkhianati penciptanya yaitu manusia. Saat ini anda boleh menikmati “kekuasaan” anda atas robot – robot tersebut, sebelum akhirnya posisi akan menjadi terbalik, dimana para robot akan mengalahkan manusia, sebagaimana prediksi yang telah didapatkan oleh sejumlah ilmuwan.

Prediksi Ilmuan Mengenai Robot Masa Depan

Berdasarkan hasil survei, ternyata ditemukan adanya kemungkinan sebanyak 50 persen mesin dapat mengungguli kecerdasan manusia 45 tahun mendatang. Kesimpulan tersebut muncul berdasarkan survei yang dilakukan kepada 350 periset.

Survei didapat dari para periset yang mengikuti Konferensi Sistem Proses Informasi Neural dan Konferensi Internasional Pembelajaran Mesin. Dari riset tersebut, diprediksi bahwasannya Kecerdasan Buatan atau AI yang diterapkan pada robot akan membuat robot – robot tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai kegiatan manusia di masa mendatang.

AI atau kecerdasan buatan ini diprediksi akan mampu menerjemahkan perintah manusia pada tahun 2024, menulis esai perguruan tinggi pada tahun 2026, mengendarai truk pada tahun 2027, bekerja sebagai pramusaji pada tahun 2031, menulis buku pada tahun 2049 dan menjalankan operasi pada tahun 2053.

Dengan begitu dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa, semua pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot pada 120 tahun mendatang. Dikutip dari New Scientist beberapa minggu yang lewat, Eleni Vasilaki dari Universitas Sheffield, Inggris mengatakan bahwa ada berbagai bukti kalau mesin seperti robot bisa mengalahkan kecerdasan manusia secara kompleks.

Selain Eleni Vasilaki, seorang peneliti dari Institut Kecerdasan Mesin di Barkeley, California, Amerika Serikat, yang bernama Katja Grace, mengatakan bahwa potensi AI atau kecerdasan buatan yang ditanamkan pada robot memiliki konsekuensi sosial yang sangat luas.

Di dalam beberapa permainan, AI ini telah banyak mengalahkan kemampuan manusia. Beberapa contohnya adalah seperti AlphaGO, AI Google dan  DeepMind. Mereka merupakan beberapa contoh pemrograman yang mampu mengalahkan manusia.

Selain itu, di dalam beberapa aplikasi, sistem pembaca gerak bibir atau pemindai ekspresi wajah lebih efisien digunakan dibandingkan dengan kemampuan para profesional. Penggunaannya di dalam aplikasi kepolisian pun cukup membantu untuk menyaring data kriminalitas yang sudah ada.

Menurut Eleni, ada bukti bahwasannya AI kelak akan memiliki fleksibilitas seperti manusia. AI semacam ini diprediksi akan muncul dalam beberapa waktu dekat ini.

Memang benar kalau kemajuan teknologi sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini. Tanpa adanya teknologi, hidup manusia tidak akan sebaik seperti sekarang ini. Akan tetapi, manusia juga tidak boleh terlalu terlena dan menganggap enteng sesuatu yang telah diciptakannya.

Kewaspadaan juga sangat diperlukan saat ini. Jangan sampai apa yang telah anda ciptakan menjadi bumerang untuk anda sendiri. Setuju nggak guys? So guys, saat ini mulailah untuk berhati – hati dalam menggunakan teknologi, sebab ada pepatah yang mengatakan bahwa penciptaan dan penggunaan teknologi yang tidak dibarengi dengan iman, bisa menimbulkan malapetaka.