Trik Untuk Menghasilkan Foto Sejernih Kamera DSLR Dengan Menggunakan Smartphone Android

2900

Sekarang ini antara smartphone Android dan foto tidak terpisahkan lagi, mayoritas pengguna smartphone mengambil foto secara langsung dari ponsel miliknya.

Jika membandingkan kamera DSLR dan smartphone Android, tidak dapat dipungkiri kamera DSLR menghasilkan kualitas foto yang lebih bagus darinya. Dari segi spesifikasi dan sensor juga sudah jauh berbeda kelas. Namun ternyata ada cara yang bisa kamu ikutin untuk menghasilkan jepretan setara kualitas kamera DSLR loh!

Tentunya untuk menghasilkan fotografi yang bagus dibutuhkan pemahaman dasar yang tepat agar kualitas foto yang dihasilkan bagus. Penasaran dengan triknya? mari, kita lihat di bawah.

1. Gunakan saja flash kamera dari smartphone Android di siang hari

Menggunakan flash pada malam hari telah menjadi kebiasaan pada umumnya, guna menerangi di saat kamu memotret objek. Walaupun sepertinya itu akan kelihatan sia-sia belaka. Soalnya suhu ruangan dan suhu dari cahaya flash itu berbeda sehingga membuat sinar yang dihasilkan tidak alami dan malah akan menambah noise pada fotomu.

Nah, daripada kamu menggunakannya di malam hari, ada baiknya kamu mencoba menggunakan flash di siang hari. Flash akan sangat berguna dipakai ketika kamu memotret di siang hari saat cahaya matahari sedang bersinar maksimal atau cerah. Detail dari objek akan terlihat lebih jelas disaat kamu menjepretnya menggunakan flash di siang hari.

2. Fitur Grid akan sangat membantu jika dimaksimalkan

Fitur dari grid akan sangat membantu kamu untuk menghasilkan hasil jepretan setara kamera DSLR, jika kamu memaksimalkannya. Usahakan objek yang mau di ambil sepertiga di atas garis atau sepertiga di bawah garis. Jangan letakkan objek pas di tengah, dan percaya deh fitur ini dapat membantu fotomu jadi lebih estetis.

3. Jangan ragu untuk menggunakan kualitas paling maksimal

Kamera dari smartphone Android telah di atur secara default dari pabriknya pada opsi fine atau normal saja. Tujuannya agar dapat menghemat memori sih. Untuk hasil jepretan setara dengan kamera DSLR, maka aturlah pengaturan kamera ke high quality atau super fine. Jangan ragu untuk menggunakannya, karena jika memori penuh, kamu bisa memanfaatkan layanan cloud ataupun memori tambahan.

4. Hindari penggunaan zoom untuk mendapatkan foto setara DSLR

Zoom pada smartphone Android ternyata bisa bikin foto jadi jelek. Maka, untuk menghasilkan jepretan yang setara dengan kamera DSLR, jangan menggunakan zoom ketika memotret karena hasilnya akan blur atau rusak.

Bagusan menggunakan crop pada aplikasi editor komputer atau smartphone. Proses dari crop akan membuat foto terpotong lebih kecil. Pastinya tidak akan merusak estetika dari foto dibandingkan menggunakan zoom.

5. Usahakan tidak memakai pengaturan auto saat memotret

Sekarang, banyak smartphone Android yang telah memunculkan fitur auto pada kameranya. Fungsinya sih untuk memudahkan karena semuanya sudah diatur otomatis tanpa harus mengatur dari pengaturan.

Jika tujuanmu untuk menghasilkan jepretan setara kamera DSLR, usahakan jangan memakai auto ya! Coba saja otak atik fitur yang ada di pengaturan kamera smartphonemu seperti ISO, touch focus, pengaturan metering, stabilizer dan white balance.

Dengan melakukan pengaturan secara manual, dijamin deh hasil jepretan kamera smartphone Android setara dengan hasil kamera DSLR