Mengulas Kisah Horor Dari Rumah Hantu Darmo

174

Percaya dengan mistis? Yap, hampir sebagian besar dari kita pasti percaya akan hal itu. Meskipun dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, mungkin telah membuat beberapa dari kita sudah mulai meragukan hal mistis. Namun perlu diingatkan kembali, kita diciptakan sebagai manusia tidak terpisahkan dengan alam lain. Makhluk dari alam lain tersebut ada yang tidak menganggu sampai ada yang suka untuk menampakkan dirinya.

Salah satu contohnya datang dari Rumah Hantu Darmo yang terletak di jalan Permai II No. 26, Sukomanunggal, Surabaya. Rumah yang sudah tidak berpenghuni ini dicap memiliki kisah mistis. Seperti apa sih kisah misteri yang ada di dalamnya? Yuk, kita kupas saja 1 per 1 kulitnya, ekh kisahnya!

Rumah Hantu Darmo

 

Rumah ini sudah terkenal angker oleh masyarakat Kota Pahlawan, Surabaya, bahkan mereka menyebutnya dengan istilah RHD (Rumah Hantu Darmo). Meski masih meninggalkan kesan mewah, namun rumah ini sama sekali tidak terawat. Dari bagian atap saja sudah tidak terlihat dan hanya menyisakan pilar-pilar kotor karena debu dan warna-warni cat. Kondisi dari rumah pun sudah miring dengan semak belukar yang tumbuh di sekitar halaman rumah bahkan sampai lantai-lantai di dalam rumah. Kondisi dari rumah yang sudah kumuh ini menimbulkan hal mistis di sekitarnya. Konon, orang sering merasakan hal mistis ketika melewati rumah tersebut. Kisah mistis ini dipercaya ada karena persugihan yang dilakukan penghuni rumah terdahulu.

Mitos Adanya Perjanjian Dengan Jin

Banyak versi yang diceritakan masyarakat sana, tetapi yang paling melegenda adalah kisah tentang penghuni rumah tersebut yang telah melakukan persugihan dengan jin. Dikisahkan, penghuni rumah tersebut dulunya adalah orang yang kaya dan sukses, namun kekayaan tersebut didapatkan dengan menukarkan nyawa manusia tiap malam jumatnya. Awalnya keluarga tersebut menyanggupi keinginan jin tersbut, tetapi lama-kelamaan keluarga tersebut berhenti untuk memberikan tumbal. Tidak didasarkan alasan yang jelas, entah karena pihak keluarga tidak sanggup lagi memberikan tumbal atau mereka ingin menghentikan persugihan tersebut. Keluarga tersebut pun pergi meninggalkan rumah menggunakan kapal laut dan tidak kembali lagi.

Banyak yang mengatakan keluarga tersebut mengalami kecelakaan kapal laut karena pelarian tersebut. Namun, hal tersebut tidak dapat dibuktikan dengan jelas, bahkan kapal yang mereka tumpangi tidak dapat ditemukan. Di rumah tersebut, menyisakan dua orang pekerja yang dikabarkan juga tewas karena dibunuh setelah kejadian kecelakaan tersebut. Dengan berprofesi sebagai pembantu dan baby sitter, korban yang tewas ini tidak ditemukan pembunuhnya sampai sekarang. Masyarakat percaya jika mereka tewas karena ulah jin yang menjadikan mereka sebagai pengganti tumbal. Setelah insiden itu, kisah horor rumah Darmo pun dimulai saat itu.

Penampakkan Hantu Wanita Berpakaian Layu

 

Setelah tewasnya dua pekerja tersebut, rumah besar tersebut tidak berpenghuni. Pada tahun 1997, rumah tidak berpenghuni ini terbakar tanpa ada yang tahu penyebab dari kebakaran tersebut. Warga sekitar tidak heran dengan kebakaran tersebut karena dikenal dengan banyak mistisnya. Hal mistis pun kerap menyelimuti sekitar rumah ini. Kerap terlihat wanita berambut panjang dengan wajah tanpa ekspresi berpakaian putih yang sudah kusam berdiri tepat di depan rumah tersebut.

Dipercaya Adanya Siluman Harimau

 

Ada juga yang mengisahkan pernah melihat sosok hantu lainnya seperti Genderuwo dan pocong. Namun yang paling mencegangkan adalah rumah tersebut juga dihuni oleh sosok siluman harimau. Bnayak yang sering mendengarkan suara eraman dari dalam rumah tersebut. Eraman tersebut seperti suara khas dari harimau. Kisah ini diperkuat oleh seorang warga sekitar yang merasakan langsung kehadiran dari sosok tersebut.

Tidak Diketahui Pemilik Atau Pewarisnya

 

Sampai saat ini, tidak ada seorangpun yang tahu siapa pemilik ataupun pewaris dari rumah tersebut. Rumah yang dulunya megah kini telah hancur dan mulai berlumut. Namun kisah mistis ini malah banyak mengundang para penggemar mistis untuk berkunjung kesana di malam hari. Kondisi yang menyeramkan ini pastinya mengundang rasa penasaran bagi mereka untuk mendatanginya. Tidak heran, jika rumah tersebut pernah dijadikan lokasi uji nyali bagi mereka yang suka melakukan tantangan mistis. Apakah kamu tertarik untuk membuktikan seberapa horor dari rumah tersebut? Kalo saya senidir sih, tunggu lebaran kodok saja ya!haha