Menguak Teror Dan Sumpah Pocong Di Indonesia

164

Dedemit ataupun hantu adalah makhluk yang tak kasat mata dimana eksistensi dari keberadaannya tidak dapat dijangkau oleh indera manusia. Hanya beberapa dari manusia yang memiliki indera keenam saja yang dapat merasakan kehadiran makhluk astral tersebut. Hampir setiap daerah pasti memiliki kisah misteri dari makhluk gaib seperti wujud dari mereka, kemunculannya serta juga sampai menghantui mansuai sekitar.

Kalau berbicara tentang hantu pastinya kita tidak akan siap membahasnya dan membuat bulu kuduk merinding. Hantu di Indonesia pun beraneka ragam mulai dari Kuntilanak, Wewe Gombel, Tuyul, Genderuwo, Pocong dan kawan-kawannya. Terutama untuk hantu Pocong, banyak masyarakat yang sudah memiliki berbagai cerita tentang hantu ini. Tidak sampai hanya kehadirannya, tetapi terdapat kepercayaan dari masyarakat tentang hal lain yang menyangkutnya seperti sumpah pocong. Bahkan masyarakat juga mempercayai tali pocong memiliki kekuatan mistis yang besar. Wih, sepertinya ngeri ya keberadaan dari makhluk yang mengerikan ini! Yuk kita geser ke bawah. Tapi, sebelumnya apakah kamu berani?

Pocong dipercaya berasal dari manusia yang meninggal

Yap, ternyata kamu termasuk pembaca yang berani. Pocong merupakan hantu berwujud manusia yang terbungkus kain kafan. Beberapa cerita yang beredar mengemukakan hantu ini bergerak dengan meloncat, ada juga yang pernah melihat pocong dapat melayang di atas tanah. Tetapi di balik semua pergerakan tersebut, dedemit ini dapat dengan sesukanya muncul dan hilang. Keberadaanya yang tiba-tiba ini kerap sangat mengejutkan orang.

Hantu ini dapat muncul dimanapun termasuk di dalam rumah. Konon, kemunculan pocong dikarenakan tali pocong di kuburan tidak dilepas saat pemakaman. Kemunculan hantu ini dimaksudkan untuk memberita tahu supaya ada yang membuka tali tersebut. Namun, yang namanya kita sebagai manusia pasti bakal lari terbirit-birit dan terkencing-kecing jika menjumpainya.

Teror Pocong yang pernah mengoncang di Indonesia

Jika di luar negeri, orang-orang takut akan adanya teror bom maka di Indonesia orang akan lebih takut akan teror dari pocong. Teror yang disebabkan dari hantu ini juga tidak hanya sekali atau dua kali saja bahkan bisa sampai berkali-kali. Kengerian ini terkadang sampai harus membuat warga sekitar untuk tidak berani melalak ataupun melewati tempat yang menjadi titik kemunculan hantu ini. Percayalah, makhluk gaib ini memang akan melakukan hal ini jika sudah menteror! Tidak percaya?! Mari kita lihat aksi teror yang perlu dilakukan hantu ini!

1. Pocong gedor pintu rumah

Disaat siang hari, jika ada yang tiba-tiba menggedor rumah maka bersembunyilah karena kemungkinan itu adalah preman atau orang yang mau nagih hutang. Namun, ketika malam juga ada yang menggedor pintu rumah maka berdoalah karena mungkin saja ini adalah kunjungan dari makhluk halus ini. Dua tahun yang lalu tepatnya di tahun 2015 , warga Pangkep di Sulawaesi Selatan dihebohkan dengan kehadiran dan teror yang diberikan Pocong.

Teror dimulai dari seorang warga yang menjadi korban bernama Bahar. Kejadian bermula saat pria ini sedang santai di dalam rumahnya sampai akhirnya mendengar suara ketukan yang keras di depan pintu rumahnya. Pintu pun dibuka dia, namun Bahar tidak menjumpai sapapun disana. Setelah menutup pintu dan hendak berjalan ke belakang, pintu kembali diketuk. Kali ini Bahar membukanya dan harus terkejut bukan main ketika sosok pocong dengan rupa yang sangat mengerikan berdiri tegak di depannya. Seketika Bahar pun berteriak keras, tapi anehnya pocong langsung menghilang tepat di depannya. Kejadian ini bahkan berulang kali terjadi dan bukan hanya Bahar yang menjadi korbannya.

2. Pocong di bulan Ramadan

Bulan Ramdan merupakan bulan suci yang ditakuti para hantu. Tapi, hal ini sangat berbeda dan dirasakan aneh yang terdapat pada warga sekitar di jalan Kamboja, Palembang. Disaat orang-orang seharusnya bergembira untuk melakukan sahur, warga di jalan ini malah harus bersembunyi bahkan melarikan diri. Alasannya karena sesosok pocong yang muncul untuk menyebarkan teror.

Banyak warga sekitar yang sudah mengalami kejadian tersebut beberapa bulan sebelumnya. Bahkan ngerinya ada seorang warga yang harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami serangan jantung saat berjumpa makhluk tersebut. Anehnya lagi, teror pocong ini tiba-tiba menghilang ketika bulan Ramadan berakhir.

3. Teror pocong pemburu bayi

Setengah tahun yang lalu, kampung Sukamulaya di Bekasi dihebohkan dengan berita adanya pocong yang berkeliaran untuk mengincar bayi. Teror mengerikan ini bermula dari kejadian yang terjadi pada sepasang suami istri yang bernama Edi dan Asmah. Ketika itu, sesosok pocong muncul di dalam kamar mereka dan mendekat anak mereka yang sedang tidur dan tidak terjaga.

Mereka mengatakan sosok sang pocong sangat menyeramkan dengan mata merah menyala dan juga memiliki taring. Beruntungnya sang bayi dapat terselamatkan dan pocong tersebut mendadak menghilang. Menurut orang pintar sekitar pocong tersebut adalah jadi-jadian yang pelakunya sedang mendalami ilmu persugihan.

4. Teror pocong karena tali kafan

Menurut masyarakat Indonesia yang mempercayai keberadaan pocong ada lantaran tali kafannya tidak dilepas. Bagi yang mendengarnya mungkin ini hanya bualan saja, namun siapa sangka ternyata kejadian ini benar-benar terjadi. Salah satu kejadian ini terjadi di Tanjungunggat, Tanjungpinang.

Warga skitar diteror oleh pocong yang menurut mereka sendiri adalah salah satu tetangga mereka yang baru meninggal beberapa hari yang lalu. Kemunculan pocong ini membuat warga heboh dimana dia muncul di jalan-jalan bahkan menampakkan dirinya di tempat ramai. Warga menduga keberadaan pocong karena tali kafan yang tidak lepas. Dan ternyata memang benar, karena keluarganya membenarkan kalau mereka lupa untuk melepas tali pocong ketika di pemakaman.

Tali pocong dipercaya memiliki kekuatan mistis

Sembari membahas kengerian dari teror pocong yang membuat manusia lari ketakutan, ternyata beberapa manusia malah tidak takut akan hal tersebut. Malah ada yang mengincar tali pocong dikarenakan mereka percaya tali tersebut memiliki banyak manfaat. Ngeri juga ya, yuk kita lihat manfaatnya.

1. Tali pocong buat kebal bacok

Menurut cerita mistis yang datang dari tanah Jawa, tali pocong dapat membuat orang yang menyimpannya kebal akan benda tajam. Namun menurut seorang ahli mistis asal Semarang, sebenarnya bukan tali pocong yang membuat orang tersebut kebal namun adanya sihir yang digunakan pada tali tersebut. Tali tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan ilmu kebal. “Para Guru” biasanya akan memberikan ilmunya ketika murid membawa tali tersebut.

2. Tali pocong Selasa Legi

Menurut beberapa kepercayaan bahwa mayit yang dimakamkan pada hari Selasa Legi memberikan kekuatan mistis yang sangat kuat. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa mayat yang dimakamkan pada hari tersebut akan dijaga oleh orang terdekatnya. Tindakan tersebut untuk melindungi jasad mayit tersebut agar tidak diganggu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tali pocong mayit yang meninggal pada hari tersebut dipercaya dapat dijadikan sebagai jimat. Meskipun adanya pencurian, telah banyak kasus pencurian tali pocong dimana para pencuri tersebut meninggalkan kuburan yang mereka gali dengan kondisi yang berantakkan.

3. Tali pocong dapat digunakan sebagai pelet

Kejadian pencurian tali pocong memang bukanlah sebuah kebohongan belaka. Sudah banyak kasus yang terjadi di penjuru negeri ini dimana salah satunya berasal dari mantan pencari ilmu hitam yang bernama Agus Iswahyudi. Agus mengakui jika ia pernah mengumpulkan tali pocong hingga 29 tali pocong. Semua tali pocong tersebut ia rawat dengan memberikan sesaji. Tali pocong tersebut pun memberi manfaat yang impas kepadanya dimana ia dengan mudahnya menggaet cewek yang disukainya. Namun, tindakan tersebut lama-lama ia hentikan karena merasa selalu diganggu sesuatu yang tidak ia ketahui.

Keberadaan Sumpah Pocong

Mungkin kita sudah sering kali mendengar adanya istilah ‘sumpah pocong’. Ritual sumpah ini bukanlah sesuatu yang dimain-mainkan karena memiliki resiko kekuatan yang sangat kuat. Saat seseorang bersedia untuk melakukan sumpah pocong, maka ia harus sudah siap dengan resiko yang dihadapinya. Sumpah ini dilakukan dengan membungkus orang yang melakukan sumpah seperti pocong. Bahkan orang yang melakukan hal ini harus dimandikan terlebih dahulu layaknya mayit sungguhan. Sumpah ini sudah banyak digunakan walaupun tidak sering.

Sejarah Sumpah Pocong

Menurut orang tua yang mempercayai hal ini, sumpah ini sudah ada sejak zaman dulu sekali dan menjadi ritual yan sering dilakukan di zaman dahulunya. Jika ditinjau dari asal daerahnya, sumpah ini berasal dari kebiasaan orang-orang yang tinggal di pulau Jawa. Sumpah ini hanya boleh dilakukan oleh orang Muslim meskipun di dalam Agama Isman tidak ada soal tentang sumpah ini. Jika berbicara tentang alasan kenapa harus pocong, mungkin karena pocong identik dengan kematian. Intinya jika seseorang berbohong maka kematianlah yang menjadi resiko tersebut.

Sumpah Pocong hanya dilakukan untuk masalah serius

Tidak semua persoalan harus diselesaikan melalui sumpah ini. Jika dirasa masih dapat melalui Sidang, maka jalan tersebutlah yang dipakai. Namun, jika masalahnya tidak dapat diselesaikan melalui sidang makan sumpah ini akan dibuat. Memang benar sih, terdapat beberapa masalah yang terkadang tidak dapat diselesaikan dengan masalah biasa saja seperti kasus santet, fitnah besar, dan kejadian besar yang tidak didapatkan buktinya. Sumpah ini akan menjadi jalan terakhir yang hakimnya adalah Tuhan.

Sumpah Pocong harus memiliki saksi

Ketika seseorang hendak melakukan sumpah pocong maka ia akan diperlakukan layaknya mayit. Dari dimandikan sampai juga dibalut dengan kain kafan dan kemudian dibaringkan di Masjid sambil dibimbing oleh seorang tokoh pelaku sumpah untuk mengucapkan apa yang perlu dikatakannya. Dalam prosesi ini, harus ada saksi yang menyaksikan sehingga bisa dianggap sah.

Kengerian dari Sumpah Pocong

Yang mengerikan dari sumpah ini adalah resikonya yang sangat besar. Untuk sapa saja yang melakukan ritual ini dan ternyata berbohong di dalam ritual maka ia akan langsung menerima segala resiko dari yang ia ucapkan. Contohnya jika ia mengucapkan mati kalau saja berbohong maka jika benar ia berdusta, hal tersebut akan terjadi. Entah itu datang langsung ataupun beberapa waktu kemudian. Hanya orang-orang berani dan benar saja yang berani melakukan hal ini karena sumpah ini tidak hanya ditujukan kepada masyarakat saja, tetapi juga kepada Tuhan. Bersumpah atas nama Tuhan pastinya sangat berat resiko jika berdusta.

Namun, sepertinya sumpah ini sekarang sudah terlihat tidak sakral lagi karena sudah banyak orang yang dengan gampangnya melakukan sumpah ini meskipun sebenarnya dapat diselesaikan dengan cara biasa. Tidak heran, sebagian besar orang melakukan hal tersebut untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Nah sahabat panicchannel, itulah misteri yang dapat saya jabarkan tentang Menguak Teror Dan Sumpah Pocong Di Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dalam artikel ini. Sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya. Happy Weekend. 🙂