Yuk, Cari Tau Besar Biaya Yang Diperlukan Untuk Hidup Di Kyoto

2381

Bagi kalian yang mungkin mempunyai rencana hidup untuk tinggal di Jepang hanya sementara, baik itu untuk kuliah apapun untuk kerja, Aku harap tips ini bisa sedikitnya membantu untuk kalian semua. Mungkin bagi orang kaya untuk tinggal di Jepang maupun negara manapun bukan suatu masalah yang besar, tetapi bagaimana bagi orang yang kurang mampu? Yuk, mari kita cari tau seberapa besar sih biaya hidup di Jepang.

Sebenarnya biaya hidup di Jepang itu berbeda-beda di tiap daerahnya, sama seperti di Indonesia. Biaya hidup di Jakarta tidak sama dengan Bandung atau di Jogja. Berdasarkan sumber yang aku pegang, aku bakal mencoba untuk merangkum seberapa besar biaya yang mesti kalian keluarin selama hidup disalah satu kota utama di Jepang, tepatnya di Kyoto.

1. Tempat tinggal

Tempat tinggal yang aku bahas bukan rumah melainkan apartemen. Harga sewa sebuah kamar apartemen di Jepang umumnya terdiri atas dua komponen yaitu luas kamar dan fasilitas. Jadi semakin luas dan semakin lengkap fasilitas kamar, maka semakin mahal juga harganya.

Sedikit gambaran dari fasilitas standar yang biasanya disediain itu yaitu kasur kayu, lemari pakaian, rak buku, meja belajar, wastafel, kamar mandi, kompor, microwave dan beberapa barang elektronik lainnya. Lokasi apartemen juga berpengaruh dengan biaya sewa. Jadi semakin dekat dengan stasiun kereta biasanya harganya lebih mahal. Harganya bisa berkisar 8.000-25.000 Yen perbulan.

2. Biaya Listrik

Biaya listrik ini sebenarnya masih tergantung dari pemakaian kalian sendiri. Biasanya saat yang paling boros itu pas di musim dingin dan panas. Hal ini dikarenakan dengan pemakaian AC atau heater yang terlalu berlebihan. Untuk biaya listrik, biasanya dikalkulasikan rata-rata sekitar 1.300 Yen perbulan di Jepang.

3. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah hal yang mesti dibayar tiap bulannya. Besaran premi dari asuransi berbeda dari setiap individunya. Iuran asuransi untuk warga Jepang dan non Jepang akan berbeda. Warga Jepang diwajibkan untuk membayar 15.000 sebulan, sementara untuk mahasiswa Internasional hanya perlu membayar 1.200 Yen plus sudah mendapatkan obat dan potongan biaya kesehatan sebesar 70% jika berobat ke dokter.

4. Keperluan sandang dan pangan

Keperluan sandang dan pangan ini bergantung pada kehidupan dari orang itu sendiri. Bagi kalian yang doyan belanja atau mempunyai kebiasaan makan di luar, aku yakin biaya ini bisa melebihi biaya apartemen yang kalian sewa. Tapi jika kalian tipe yang lebih suka hemat, makan ya masak sendiri, jarang makan di luar juga jarang untuk berbelanja, 10.000 Yen sudah cukup memenuhi kebutuhan makan dan fashion jika kalian memakainya disaat kalian butuh saja.

5. Biaya liburan

Liburan di Jepang itu biasanya sudah ada jadwalnya, misalnya kalian disana kerja, biasanya kantor tempat kerja kalian sudah mempunyai jadwal sendiri buat ngadain liburan karyawan. Hal ini juga sama dengan mahasiswa, biasanya diadakan sama kampus. Jadi kalian kalo mau liburan, saran aku mending ikut acara kantor atau kampus.

Buat biaya rata-rata liburan, aku ambil patokan dari Universal Studio Jepang dan Disneyland Tokyo yang harga karcisnya kira-kira sekitar 7.400 Yen dan jika dibulatkan dengan Ongkos sekitar 10.000 Yen.

6. Biaya perabotan kecil

Perabotan kecil yang aku maksud disini seperti alat-alat tulis, buku atau perabotan masak kaya panci dll. Meskipun bukan keharusan, tetapi persiapkan saja, mana tau kalo ada yang rusak atau mesti diganti. Aku rasa biaya sekitar 5.000 Yen udah cukup buat nutupin kebutuhan perabotan kecil di apartemen kalian.

Nah, ketujuh komponen diatas tadi adalah besaran biaya apa yang harus kalian tanggung selama sebulan tinggal di Jepang, khususnya Kyoto.

Yuk kita hitung :

  1. Sewa apartemen : 25.000 Yen
  2. Biaya listrik : 1.300 Yen
  3. Asuransi Kesehatan : 1.200 Yen
  4. Keperluan sandang dan pangan : 10.000 Yen
  5. Biaya liburan : 10.000 Yen
  6. Biaya perabotan kecil : 5.000 Yen

Jadi total biaya yang kemungkinan harus kalian tanggung selama sebulan hidup di Jepang itu rata-rata adalah 52.500 Yen. Alasan kenapa aku sajikan dalam bentuk Yen yaitu karena kurs mata uang kan bisa berubah tiap jamnya.