Hal Mengerikan Dan Konyol Yang Pernah Terjadi Pada April Mop

321

April Mop yang dirayakan pada tanggal 1 April merupakan hari usil sedunia. Peringatan yang juga disebut sebagai April Fool’s day ini merupakan hari yang paling ditunggu orang yang usilnya kebangetan untuk mengerjai teman-temannya. Mulai dari BBM akan digratiskan, memberikan kabar mengagetkan dan bahkan melakukan hal usil di luar batas yang pastinya membuat korban kecewa. Di hari tersebut, semua orang boleh banget melakukan hal menyebalkan apapun deh!

Untuk sejarah pastinya kapan dari perayaan April Mop dimulai, tidak tertera sumber pastinya. Tapi satu hal yang pasti adalah tradisi ini sudah dilakukan setengah abad yang lalu. Karena dirayakan secara rutin setiap tahunnya dengan cara konyol dan unik membuatnya cukup seru. Tapi dibalik itu, dulunya hari ini malah pernah dijadikan sebagai hari pembantaian! Ada juga hari dimana badut menjadi raja. Kok bisa ya? Yuk, kita baca di bawahnya saja.

1. Badut yang berkuasa dalam sehari

Joseph Boskin, professor sejarah yang berasal dari Boston University menceritakan dulunya tentang raja Romawi yang rela memberikan jabatannya selama 1 hari kepada seorang badut yang bernama Kugel. Kugel diberikan kesempatan tersebut asalkan dia berhasil untuk membuat raja tersebut tertawa. Raja pun dibuatnya terpingkal-pingkal dan sebagai penetapan janjinya, Kugel pun memerintah kekaisaran Romawi tepat pada tanggal 1 April yang dia sendiri sebut sebagai ‘The Day of Absurdity’ atau artinya sebagai hari yang tidak masuk akal. Kejadian dari peristiwa tersebut membuat tiap tahun, tanggal 1 April diperingati sebagai hari tidak masuk akal.

2. Pembantaian Umat Islam Spanyol oleh Tentara Salib

Ternyata selain sebagai hari lelucon, 1 April juga pernah menjadi peristiwa berdarah. Pada bulan Maret tahun 1487, tentara Salib melakukan serangan terhadap kota-kota di spanyol yang berada dalam kekuasan Islam. Mendapatkan serangan mendadak tersebut, kota Islam di Spanyol pun berhasil dikuasai oleh tentara Salib. Pihak tentara Salib menjanjikan umat Islam yang tersisa untuk bebas dengan syarat mereka mau meninggalkan kota tersebut dengan tangan kosong. Akhirnya tepat pada tanggal 1 April, para umat Islam yang tersedia pun berkumpul di pelabuhan untuk menaikki kapal yang sudah disediakan oleh tentara Salib. Naasnya, bukan kebebasan yang mereka dapatkan, tentara tersebut malah membakar kapal tersebut dan semua umat yang terdapat di kapal tersebut tewas terbakar. Setelah peristiwa tersebut, warga Spanyol mengenang hari tersebut sebagai “The April Fool Day”.

3. Sistem penanggalan yang diubah

Tepat di tahun 1582 Masehi, Paus Gregory XII merubah penanggalan yang semula mereka buat setahun hanya memiliki 10 bulan menjadi 12 bulan. Di samping itu, dia juga merubah tahun baru yang awalnya terjadi di tanggal 1 April menjadi tanggak 1 januari. Perubahan ini ternyata bertentangan dan tidak direspon sama sekali oleh masyarakat Perancis dikarenakan penyebaran informasi yang tidak merata dan sangat lambat. Rakyat yang sama sekali tidak menerima hal ini tetap merayakan tahun baru pada tanggal 1 April. Manusia yang gemar mengolok-ngolok dan tahu akan perubahan tersebut menertawakan perayaan yang mereka lakukan. Hal inilah yang memunculkan istilah “April Fools”

Kisah April Mop paling mendunia

Nah, teryata bukan di jaman dulu saja kisah April mop ini berjalan, ternyata beberapa Negara juga memunculkan isu April Mop yang bahkan mencengangkan masyarakat dunia karena keberanian mereka untuk melakukannya pada pihak publik.

1. Wisconsin State Capitol Collapses

Tepat pada 1 April 1933, Madison Capital Times (surat kabar ternama Amerika) memberitakan tentang kehancuran gedung dari ibukota negara bagian Wisconsin Amerika Serikat. Surat kabar tersebut memberitakan gedung hancur akibat ledakan misterius. Isi dari artikel yang diberitakan juga konyol dimana ledakan memberikan dampak kehancuran untuk gedung ibukota yang menimbulkan gas dari hasil debat para anggota DPR selama berminggu-minggu. Foto yang diposting tersebut juga sangat ketara palsunya, tetapi beberapa orang juga percaya akan hal itu. Mereka yang telat menyadari akan pemberitaan palsu tersebut marah besar setelah merasa dibohongi. Di tahun 1985, berita hoax tersebut mendapatkan penghargaan dari The Science Digest sebagai salah satu berita hoax terbaik yang pernah ada.

2. The Swiss Spaghetti Harvest

Stasiun terkenal yaitu BBC juga pernah berpartisipasi dalam hari konyol ini. Di tahun 1957, BBC menyiarkan sebuah berita yang sungguh aneh dimana setiap petani di Swiss dapat memanen spaghetti dikarenakan serangga yang gemar memakan spaghetti telah musnah selamanya. Setelah menerima berita tersebut, banyak pihak yang menelpon kantor BBC tentang cara menanam pohon spaghetti anti serangga tersebut. Dengan santai dan cekikan, mereka menjawab semua penelpon untuk menadruh sedikit spaghetti di kaleng yang sudah diisi saus tomat sambil menunggu tumbuhnya pohon tersebut. Gila bukan?

3. UFO Lands Near London

Inggris juga memiliki kejadian unik di tanggal 1 April 1989 dimana sebuah benda mirip piring terbang melintas di atas kota London. Melihat hal tersebut, ribuan pengendara di jalan tol langsung berhenti untuk melihat kejadian langka tersebut. Beberapa dari mereka bahkan panik dan melaporkan kejadian tersebut pada polisi ketika melihat UFO tersebut mendarat. Mendengar aduan tersebut, polisi pun menuju lokasi dia dan memang benar benda aneh tersbut ada. Ketika pintu UFO terbuka, ternyata sesosok makhluk keluar dengan pakaian silver dan sempat membuat polisi ketakutan. Namun setelah diselidiki, UFO tersebut adalah balon udara yang sebenarnya untuk memperingati April Mop. UFO tersebut terbang karena ditiup angin dan telah berhasil membuat banyak yang panik dengannya.

Itulah Hal Mengerikan Dan Konyol Yang Pernah Terjadi Pada April Mop  di dunia. Bagi kalian yang usil, boleh saja usil tapi dibatasi ya guys! Happy Fool’s Day 😀