Umaibo, 500 Yen Untuk Sepuasnya

858

Umaibo merupakan makanan ringan yang berbentuk stik. Makanan stik ini sudah ada di Jepang sejak Juli 1979 yang kembali populer di Jepang, karena ada satu tempat yang hanya dengan biaya 500 yen bisa makan snack Umaibo ini dengan sepuasnya.

“Saya merasa jualan stik ini tetap menguntungkan jadi tidak ada masalah,” kata Keita Oyama (32) yang membuka toko makan sepuasnya itu dan mengaku juga menjual snack lewat situs internet.

Toko yang dia kelola ini bernama toko “Snack Umbrella” yang berlokasi di Konoya-cho, Konakura-ku Kitakyushu-shi, Prefektur Fukuoka saat ini banyak didatangi oleh anak muda yang mau makan stik tersebut sepuasnya hanya dengan 500 yen saja.

Toko ini sebelumnya digunakan sebagai bar pergudangan di tengah kota dekat stasiun kereta api Okura sejak Mei 2015.

“Toko ini saya buat seperti sebuah restoran di mana kita bisa makan minum, semua produk dijual di sini, lalu juga yang mau datang bisa ke toko saya ini,” tambahnya.

Pada saat orang datang untuk membeli Umaibo dan makan di tempat sepuasnya, tentu mereka akan segera haus, lalu mau membeli minum yang telah tersedia di toko ini.

Hasil penjualan dari minuman inilah yang akan menutupi ongkos “kerugian” dari makan sepuasnya stik Umaibo tersebut. Tentunya ini adalah salah satu strategi yang sangat pintar.

Sejak Februari 2016, Oyama juga membuat Umibar Tower untuk perayaan hari ulang tahun yang disertai dengan minuman kesehatan dan bir sepuasnya dengan harga yang cukup menguntungkan yaitu 100.000 yen untuk 10 orang yang turut bersama di dalam perayaan ulang tahun.

Setelah kita makan stik Umaibo ini pasti langsung haus dan ingin minum. Itulah jadi strategi Oyama menutup kekurangan uang dari makan sepuasnya stik Umaibo.

Harga stik Umaibo tergolong murah yaitu 10 sampai 30 yen per stik. Akan tetapi ada pula yang agak mahal karena ukurannya yang lebih Super dari Premium.

Stik ini bisa didapatkan di mana pun, ada di konbini seperti Seven Eleven apalagi di pasar supermarket dan sebagainya yang tersebar sangat luas. Stik ini menjadi buatan Riska Co.Ltd Ibaraki Jepang, dengan perusahaan penjual Yaokin Ltd.

Produk ini juga bekerjasama dengan karakter anime Jepang misalnya Doraemon dan sebagainya.

Itulah sebabnya memunculkan kelompok kolektor pecinta umaibo dengan sampul stik yang dikoleksi dan bermacam-macam variasi gambar yang telah hadir sejak sekitar 37 tahun lalu.

Rasa stik ini sangat bervariasi, ada sekitar 15 rasa dimulai dari keju, mentaiko, corn potage, rasa sate ayam, coklat, takoyaki, chicker kare, pizza, rasa sayuran, dan sebagainya.