Inggris Ciptakan Panduan Sederhana Hadapi Serangan Teroris

242

Kehadiran teroris di dunia saat ini sepertinya semakin membuat masyarakat merasa was – was dan khawatir. Mau kemana – mana pun sudah tidak aman lagi sekarang ini. Di berbagai tempat keramaian seperti mall dan pusat perbelanjaan lainnya, stasiun atau terminal, di dalam gedung, di jalan, di tempat – tempat ibadah, bahkan di dalam rumah sendiri pun terkadang sudah tidak aman lagi. Kok bisa ya?

Kalau keadaannya sudah begini, dimana lagi kah tempat manusia bisa merasa tenang dan aman di bumi tercinta ini? Tidak ada seorangpun yang mungkin bisa menjawab pertanyaan itu. Teroris telah berhasil membuat kehidupan masyarakat menjadi kocar – kacir seperti saat ini. Lantas apa yang harus anda perbuat? Sebagai masyarakat biasa, sebenarnya tidak banyak yang bisa anda lakukan.

Akan tetapi, anda bisa melakukan beberapa tindakan antisipasi dan beberapa tindakan penyelamatan jika anda tengah berada di dalam sebuah serangan teroris. Meskipun hanya sebuah tindakan kecil, tapi setidaknya bisa membantu anda untuk menyelamatkan diri anda sendiri dan juga orang lain, sekalipun tingkat keberhasilannya memang kecil. Tapi kan setidaknya ada usaha yang bisa anda lakukan. Setuju nggak?

Serangan bom di berbagai tempat umum dan penembakan di berbagai negara yang terjadi beberapa waktu terakhir ini cukup meresahkan dan menimbulkan kepanikan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Nah, jika anda tengah berada di lokasi saat serangan bom tersebut terjadi, apakah yang harus anda lakukan? Apakah anda hanya berteriak dan pasrah saja?

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Inggris memberikan panduan mengenai cara – cara untuk menghindari bahaya serangan Bom atau senjata api yang berasal dari teroris . Hal pertama dan yang paling penting yang harus anda ingat adalah anda tidak boleh panik ketika diperhadapkan dengan situasi seperi itu. Anda harus mengenali jenis serangan apa yang tengah terjadi dan selalu tetap dalam keadaan waspada.

Panduan mengenai cara – cara yang dikeluarkan oleh pemerintah Inggris tersebut dimuat dalam sebuah video yang berjudul “Run Hide Tell: Stay Safe in the event of a terrorist attack abroad”. Dengan adanya panduan ini, pemerintah Inggris berharap warga dapat lebih memahami bagaimana mereka seharusnya bereaksi ketika berada di dalam ancaman serangan teroris tersebut.

Berikut adalah video yang berisi tentang panduan yang harus anda lakukan ketika diperhadapkan dalam situasi berbahaya seperti serangan senjata oleh teroris:

Dari video yang berdurasi 4 menit di atas, terlihat adanya sebuah serangan senjata api di lokasi sebuah hotel. Di dalam video itu digambarkan apa yang harus warga lakukan untuk bisa selamat dan melarikan diri dari tempat berbahaya tersebut. Berdasarkan panduan yang ada di dalam video, ada 3 cara penting yang perlu dilakukan oleh warga saat tengah berada dalam situasi adanya serangan senjata api teroris.

Adapun cara – cara tersebut antara lain:

1. Run / Lari

Serangan senjata api memang tidak begitu sering terjadi. Namun, jika memang serangan tersebut terjadi, mempersiapkan diri dan mengetahui bagaimana cara merespons serangan itu sangatlah penting. Tidak hanya penting, langkah yang anda ambil juga bisa menyelamatkan nyawa anda dan juga orang lain.

Cara atau langkah yang perlu anda lakukan adalah cara yang sederhana dan mudah. Langkah ini akan meminimalkan resiko yang kemungkinan akan terjadi, serta membantu agar anda tetap hidup. So, apakah langkah pertama yang dimaksud itu?

  • Ketika anda mendengar suara tembakan, pikirkanlah pilihan teraman yang harus anda ambil dan lakukan. Pertama-tama, jika anda menemukan rute yang aman untuk menjauhi tempat itu, maka “larilah”. Langkah ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk anda lakukan jika posisi anda tidak begitu dekat dengan lokasi. Kalau bisa, bergeraklah dengan cepat.
  • Apapun barang – barang anda yang ketinggalan di belakang, abaikan saja. Bukankah hidup anda lebih berharga dari barang – barang tersebut? Jadi, jangan pernah menyelamatkan barang terlebih dahulu. Biarkan saja barang – barang itu tinggal di belakang. Anda harus fokus pada keselamatan diri anda.
  • Saat berlari atau menyelamatkan diri, ajaklah orang lain yang berada di sekitar lokasi itu untuk pergi bersama anda. Tapi ingatlah, jangan sampai keraguan mereka memperlambat langkah anda. Jadi kalau mereka tidak mau mendengar anda, maka tinggalkan saja. Setidaknya anda sudah memberitahukan bahaya itu pada mereka.
  • Untuk anda yang berada di dalam gedung dan telah melihat orang – orang berlarian dan berteriak, tinggalkan lah gedung itu dengan segera. Begitu anda melihat ada rute yang aman, “berlarilah”. Pastikanlah bahwa rute yang anda pilih tidak membawa anda pada tempat atau sumber bahaya tersebut.
  • Saat akan lari, pertimbangkanlah keberadaan anda dan rute pelarian anda. Jika jalan pelarian anda tidak lagi aman, cobalah untuk mencari alternatif lainnya. Hindarilah jalan – jalan yang buntu maupun macet.

2. Hide / Bersembunyi

  • Jika anda tidak bisa menemukan tempat yang aman lagi atau tidak punya waktu lagi untuk lari, maka “bersembunyilah”. Tempat terbaik untuk bersembunyi dan berlindung dari tembakan senjata api adalah tempat – tempat yang memiliki penghalang fisik yang solid, yang akan memisahkan antara anda dan si penyerang. Masuklah ke dalam ruangan itu dan menjauhlah dari pintu.
  • Buatlah tameng untuk melindungi diri anda, jika kondisi memungkinkan anda untuk melakukannya.
  • Heningkan mode handphone anda dan non – aktifkan getarannya. Usahakanlah agar tidak ada suara yang terdengar sebisa mungkin.
  • Jangan ribut atau melakukan sesuatu yang bisa memberitahukan tempat persembunyian anda kepada si penyerang.

3. Tell / Ceritakan

  • Jika tempat persembunyian anda aman, segeralah menjauh dari area berbahaya tersebut secepat yang bisa anda lakukan.
  • Saat anda sudah keluar dengan selamat, segeralah “hubungi” polisi. Beritahu mereka dengan jelas dimana tempat serangan tersebut terjadi, dimana letak posisi anda yang sekarang dan berapa banyak penyerang yang anda lihat.
  • Ketika polisi tiba di tempat kejadian, mereka akan melakukan tindakan pengamanan sambil membawa senjata. Mereka akan menghadapi ancaman tersebut secara langsung untuk mencegah jatuhnya korban – korban yang lain. Tindakan ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama.
  • Ketika polisi mulai masuk ke dalam gedung dan menyusuri ruangan demi ruangan, polisi – polisi ini mungkin akan sulit membedakan antara anda dan si penyerang. Jadi, jangan sampai anda melakukan tindakan gegabah yang akan membuat polisi – polisi tersebut mengira bahwa anda adalah salah satu dari pernyerang itu.
  • Saat polisi mengatakan “Kami Polisi!, Berdiri!”, atau mungkin memperlakukan anda dengan tegas dan menyuruh melakukan semua yang mereka katakan, maka lakukanlah apa yang mereka suruh atau katakan. Jangan melakukan gerakan – gerakan yang mencurigakan. Mereka hanya ingin memastikan bahwa anda tidak bersenjata. Kemudian mereka akan melakukan evakuasi.
  • Setelah berhasil melakukan evakuasi, polisi mungkin akan menanyakan banyak hal pada anda mengenai peristiwa penyerangan tersebut. Anda harus menceritakan peristiwa itu secara detail, sehingga mereka dapat memprosesnya lebih lanjut.

Itulah tadi 3 langkah atau cara sederhana yang bisa anda lakukan saat anda sedang berada di dalam sebuah penyerangan teroris. Mudah dan sederhana bukan? Nah, mulai sekarang berhati – hati saja lah ya guys kemana pun anda pergi. Tetap jaga diri dan kalau bisa, untuk saat ini jangan deh terlalu sering kelayapan kemana mana. Bahaya tahu.

Tapi kalau memang anda harus diperhadapkan pada situasi seperti yang sudah dijelaskan di atas, tetap tenang dan lakukan tindakan penyelamatan diri sebisa anda. Intinya jangan langsung panik ya guys. Kalau panik, anda tidak akan bisa melakukan apa – apa dan hal seperti ini malah akan membuat anda dalam bahaya.

Jadi, ingat saja tiga hal ini: Lari, Sembunyi dan Hubungi Polisi. Be Careful ya guys.