Misteri Dibalik Kepemilikan Lagu Happy Birthday

164

‘Happy Birthday to You’
‘Happy Birthday to You’
‘Happy Birthday, Happy Birthday’
‘Happy Birthday to You’

Setidaknya begitulah lirik lagu yang sering dikumandangkan oleh masyarakat saat merayakan hari ulang tahun seseorang. Tidak hanya di Indonesia, negara-negara lainnya juga menggunakan melodi “happy birthday” tersebut saat perayaan ulang tahun. Hanya saja mereka mungkin mengadopsinya ke dalam bahasa negaranya masing-masing.

Lirik lagu “Happy Birthday” ini sangat populer di seluruh lapisan masyarakat dunia. Liriknya yang sederhana serta melodinya yang asyik membuat masyarakat mudah untuk menghapal maupun mengingatnya. Saat menyanyikan lagu ini, beberapa orang sering mengganti kata “to You” pada lirik tersebut dengan nama orang yang berulang tahun.

Misalnya saja yang berulang tahun namanya Eri, maka mereka akan mengganti lirik nya menjadi seperti berikut:

‘Happy Birthday Eri
‘Happy Birthday Eri
‘Happy Birthday, Happy Birthday’
‘Happy Birthday Eri

Begitulah yang sering terjadi di Indonesia, tapi nggak tahu juga apakah hal yang sama juga terjadi pada negara-negara yang lainnya. Selain itu, ada juga yang suka mengganti seluruh liriknya dengan lirik-lirik yang berbeda. Dengan kata lain, mereka yang mengganti liriknya tersebut hanya ingin menggunakan melodinya saja. Apakah anda pernah melakukannya juga?

Mengingat seringnya anda menyanyikan lagu ini, apakah anda tahu siapa pencipta dari lagu tersebut? Kapan pertama kali lagu itu dinyanyikan? Bagaimana awalnya lagu itu masuk ke masyarakat dan menjadi sepopuler sekarang ini? Pasti nggak tahu kan? Kok bisa sih anda menyanyikan lagu yang nggak tahu asal usulnya gimana? 

Baiklah, supaya anda tidak bingung lagi dengan pertanyaan-pertanyaan di atas, sebaiknya anda jangan berhenti membaca artikel ini, karena artikel ini akan memberitahukan informasi tersebut kepada anda.

Asal Usul Lagu ‘Happy Birthday’

Siapa sangka, lagu Happy Birthday yang sangat sering dinyanyikan oleh masyarakat di berbagai acara ulang tahun ini, ternyata tidak memiliki sejarah kepemilikan yang sah. Tidak ada informasi yang dengan jelas menyebutkan, siapa sebenarnya pemilik hak cipta dari lagu tersebut. Wah, aneh bukan? Masa ada lagu yang muncul tiba-tiba. Udah kayak makhluk halus aja nih lagu. Iya nggak guys?

Namun meskipun begitu, beberapa pendapat atau informasi mengatakan bahwa pencipta dari lirik lagu ini adalah seorang wanita. Kira-kira siapakah wanita itu? Dia bernama Mildred Hill. Ia merupakan wanita berkebangsaan Amerika. Berdasarkan informasi yang didapat, lirik lagu tersebut ditulis oleh Hill pada tahun 1890.

Memang sebelumnya lirik lagu yang diciptakan oleh Hill bukanlah berjudul Happy Birthday, melainkan Good Morning to All. Bagaimanakah isi lagu tersebut? 

Berikut adalah video yang berisi lagu ‘Good Morning to All’ ciptaan Mildred Hill:

‘Good morning to you’
‘Good morning to you’
‘Good morning, dear children’
‘Good morning to all’

Awalnya, adik Hill yang bernama Patti, yang merupakan seorang guru TK, sering menggunakan atau menyanyikan lagu ini di sekolah dan juga sempat mengganti liriknya menjadi “Selamat pagi guru ku, semoga ini pagi yang baik untuk Anda”, agar anak-anak bisa menyanyikannya.

Lagu itu pun akhirnya menjadi populer selama bertahun-tahun dan dinyanyikan di sekolah-sekolah yang ada di seluruh Amerika Serikat. Lagu tersebut kemudian juga kerap digunakan sebagai lagu selamat datang di TK, yang diterbitkan di dalam buku lagu anak-anak TK pada akhir tahun 1893. Sejak itulah, sejumlah variasi lagu mulai bermunculan tanpa kejelasan pengubahnya, hingga kata ‘Good Morning’ berubah menjadi ‘Happy Birthday’.

Ada yang mengatakan bahwa perubahan kata tersebut berawal dari Patty Hill, yang ingin membuat lagu yang bisa dinyanyikan oleh anak-anak di pesta-pesta ulang tahun. Karena pada saat itu anak-anak sedang senang-senangnya menyanyikan lagu “Good Morning To All”, maka ia hanya perlu sedikit mengubah liriknya saja.

Pada tahun 1924, lirik Happy Birthday ini pun mulai dipublikasikan. Sejumlah radio dan film juga mulai mengumandangkannya. Lagu dengan judul happy birthday ini pertama kali dipakai di pertunjukan Broadway “As Thousand Cheer” pada tahun 1931. Lagu ini juga pernah menjadi nada telegram Western Union pada tahun 1933.

Seiring semakin populernya lagu tersebut, adik ketiga Hills, yang bernama Jessica mulai berpikir bahwa ia harus segera mematenkan karya kedua kakaknya tersebut. Tapi sayangnya, ia tidak mengajukan hak cipta itu sampai pada tingkat federal. Sampai akhirnya lagu “Happy Birthday To You” itu pun diterbitkan oleh perusahaan Clayton F. Summy pada tahun 1935.

Kemudian pada tahun 1988, Warner Music mengklaim bahwa pihaknya telah membeli hak cipta lagu “Happy Birthday to You” tersebut dari Hill bersaudara dan mengambil keuntungan sampai 2 juta dolar Amerika Serikat setiap tahunnya. Melihat jumlah keuntungan yang mereka dapatkan, sejumlah pihak pun mulai memperebutkan hak cipta lagu ini.

Banyak yang berpendapat bahwa lagu “Happy Birthday” yang sangat terkenal itu adalah milik umum. Kebenaran tentang kepemilikan lagu ini masih simpang siur hingga saat ini. Setidaknya begitulah yang pernah dikemukakan oleh Robert Brauneis pada tahun 2010 dalam makalahnya yang berjudul Copywright and the World’s Most Popular Song.

Brauneis menggunakan lebih dari 200 dokumen dari enam arsip sejarah yang dikumpulkannya dari seluruh Amerika, untuk meneliti kepemilikan lagu “Happy Birthday” tersebut. Ia menuliskan bahwa penulis lirik lagu ini belum pernah melakukan rekaman sebelumnya. Menurutnya, jika Hills bersaudara benar-benar memiliki lagu tersebut, mereka seharusnya tidak perlu memperbaharui hak ciptanya.

Sampai saat ini, pihak pengadilan Amerika Serikat sedang dalam proses penghapusan atas pengklaiman masalah kepemilikan lagu happy birthday yang sebelumnya diklaim oleh Warner Music. Mereka bermaksud untuk menjadikan lagu happy birthday tersebut menjadi milik publik, sehingga bisa digunakan oleh siapa pun tanpa dituntut untuk membayar lisensinya.

Namun, selama tujuan di atas belum tercapai, maka lagu “Happy Birthday to You” (lirik dan melodi) ini masih tetap berada di bawah perlindungan hak cipta, sehingga setiap kali Anda mendengarnya dinyanyikan di TV atau radio, royaltinya masih dibayarkan kepada penerbit.

Gimana? Lumayan panjang juga ya ternyata perjalanan lagu happy birthday ini? Tidak disangka bahwa sebelum menjadi sepopuler seperti saat ini, lagu tersebut telah melalui proses yang lumayan panjang. Tapi meskipun begitu, semua terbayarkan dengan popularitasnya di seluruh dunia.

Dengan lirik dan melodi yang sederhana, lagu ini mampu menarik jutaan bahkan milyaran telinga untuk mendengar dan mengumandangkannya. Setuju kan guys?