Telapak Tangan Terasa Gatal? Pertanda Baik Atau Buruk, ya?

1716

Pernahkah anda merasakan telapak tangan anda tiba-tiba saja terasa sangat gatal? Lantas apa yang anda lakukan untuk menghilangkan rasa gatal tersebut? Pasti anda hanya akan menggaruknya saja, bukan? Keseringan sih begitu.

Orang-orang cenderung mengabaikan rasa gatal itu, tanpa harus melakukan sesuatu untuk mengobati atau menghilangkannya, betul nggak? Yang pernah mengalaminya, mungkin sekarang sedang senyum-senyum membaca artikel ini.

Khusus bagi masyarakat Indonesia, fenomena telapak tangan yang mendadak gatal ini malahan sering sekali dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau misteri atau kalau orang Indonesia bilang sih “Takhayul”. 

Mungkin hal ini disebabkan karena masyarakat masih sangat mempercayai kepercayaan nenek moyang pada zaman dahulu, yang masih sangat kental dengan hal-hal yang bersifat gaib. Nah, herannya kepercayaan ini bahkan masih saja dipakai di zaman yang sudah se-modern seperti sekarang ini.

Mengenai arti dari telapak tangan yang terasa gatal versi kepercayaan kuno ini, mungkin banyak diantara anda yang sudah pernah mendengarnya, bukan? Atau bahkan anda juga salah satu yang sangat mempercayai mitos tersebut? 

Entah apa karena kebetulan atau memang sudah jalannya, banyakorang yang mengakui bahwa mereka kerap mengalami kejadian yang aneh setelah merasakan gatal pada bagian telapak tangan mereka. Kepercayaan seperti apakah yang mereka percayai tersebut? Berikut adalah ulasan singkatnya:

Arti Telapak Tangan Gatal Menurut Kepercayaan Kuno

Setiap orang pasti pernah merasakan gatal pada telapak tangannya. Entah itu pada bagian kiri, kanan, atau bahkan dikeduanya. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama dan berpendapat kalau hal tersebut memiliki arti ‘magis’.

Beberapa orang mungkin hanya akan menganggapnya sebagai reaksi alergi atau semacamnya, yang bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja, sedangkan yang sebagiannya lagi kemungkinan akan memiliki kepercayaan yang berbeda.

Pasti anda sudah tidak sabaran lagi kan untuk mengetahui makna dari fenomena gatalnya telapak tangan tersebut? Yuk, baca informasinya di bawah ini:

Tangan Kanan Gatal

Jika telapak tangan anda yang terasa gatal berada di sebelah kanan, biasanya hal tersebut dianggap sebagai sesuatu yang baik. Itu pertanda bahwa anda akan segera mendapatkan rezeki.

Katanya sih rezekinya berupa “uang”. Benar nggak sih guys? Kalau memang benar begitu, mungkin semua orang akan berambisi untuk membuat tangannya terus-terusan terasa gatal, biar rezeki yang didapat juga terus mengalir. Iya nggak?

Entah itu hanya mitos atau tidak, tapi banyak juga loh orang yang membuat pengakuan bahwa hal seperti itu memang benar-benar terjadi padanya. Gimana dengan anda? Apakah anda juga pernah mengalami hal ajaib seperti itu?

Tangan Kiri Gatal 

Lain lagi halnya jika perasaan gatal tersebut terjadi pada telapak tangan sebelah kiri. Berbanding terbalik dengan yang terjadi pada telapak tangan sebelah kanan, merasa gatal pada bagian ini memiliki makna yang buruk atau negatif bagi anda. Anda kemungkinan akan kehilangan sesuatu atau sebagian aset yang anda miliki.

Kehilangan sesuatu yang dimaksud pada konteks ini tidak harus dalam bentuk uang atau barang, terkadang telapak tangan kiri yang terasa gatal juga bisa berarti anda akan segera kehilangan pacar atau rekan anda.

Meskipun banyak yang mempercayainya, namun bukan berarti anda bisa langsung nge-judge kalau hal tersebut sudah pasti benar, karena tidak semua orang setuju dengan pendapat seperti itu. Kalaupun anda pernah mengalaminya, mungkin saja itu hanya sebuah kebetulan saja.

Terasa Gatal dikeduanya

Bagaimana jika tangan kiri dan kanan anda dua-duanya yang terasa gatal secara bersamaan? Kira-kira apa ya artinya? Apa mungkin ini berarti sebuah pertanda bahwa anda akan mendapatkan rezeki, kemudian dalam sekejap anda juga akan kehilangan rezeki tersebut? Sejauh ini, belum ada yang bisa membuktikan kebenaran hal tersebut.

Akan tetapi, fenomena gatalnya kedua telapak tangan tersebut bisa dijelaskan secara medis. Tangan anda mungkin berjamur atau bisa juga karena disebabkan oleh permasalahan saraf. Setidaknya untuk bisa mendapatkan kepastian akan hal tersebut, anda bisa berkonsultasi ataupun memeriksakannya ke dokter.

Penyebab Tangan Gatal Menurut Medis

Jika dikaji secara medis, fenomena gatalnya telapak tangan baik pada bagian kiri ataupun kanan ini, memiliki kaitan dengan tanda-tanda munculnya tanda penyakit kulit, atau bisa juga menjadi sebuah pertanda suatu penyakit yang diderita oleh tubuh (sistemik). Tahukah penyakit semacam apa yang mungkin ditandai dengan gatal-gatal ini?

Di bawah ini adalah beberapa daftar penyakit yang mungkin menjadi penyebabnya:

  • Dermatitis (eksim) dishidrosis (pomfoliks) : Gejala penyakit ini disertai bintik-bintik kecil yang berisi cairan yang terasa gatal dan dapat berlokasi di telapak tangan dan sela-sela jari.
  • dermatitis (eksim) kontak iritan : Penyakit yang dapat disebabkan karena terjadinya kontak langsung dengan bahan iritan, seperti deterjen, sarung tangan, parfum dan bahan iritan lainnya
  • lupus eritematosus sistemik : Merupakan sebuah penyakit autoimun, dimana biasanya gejala yang ditimbulkan pada telapak tangan berupa ruam dan terasa gatal.
  • Skabies : Salah satu jenis penyakit kulit, yang muncul akibat tungau yang banyak menyerang daerah sela-sela jari tangan atau kaki dan terasa sangat gatal.
  • Sirosis duktus bilier : Penyakit peradangan pada saluran empedu, dimana gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah terasa gatal pada telapak tangan dan kaki, yang kemudian diikuti dengan gatal sampai ke seluruh tubuh.

Cara Pengobatan

Jika memang anda mengalami salah satu gejala penyakit di atas, anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis obat yang bisa membantu meredakannya, seperti:

  • Antihistamin : adalah obat atau komponen obat yang berfungsi untuk menghalangi kerja zat histamin dan dipakai khususnya untuk mengobati alergi. Antihistamin biasa digunakan untuk mengobati rhinitis, alergi musiman, reaksi alergi akibat sengatan serangga, pruritus dengan gejala gatal, urtikaria atau biduran, alergi mata dan alergi makanan.
  • Kortikosteroid : adalah obat anti-inflamasi yang digunakan secara luas untuk mengobati beberapa kondisi medis. Pada umumnya, obat ini digunakan untuk meredakan gejala pembengkakan, kemerahan, gatal-gatal dan reaksi alergi.
  • Premethrin : adalah obat dengan fungsi untuk mengobati kudis, sebuah penyakit yang disebabkan oleh serangga kecil, yang disebut tungau, yang sering menempel pada kulit dan dapat menyebabkan iritasi.

Namun sebelum anda mengkonsumsi salah satu jenis obat di atas, anda harus benar-benar membaca dan memperhatikan bagaimana aturan pakai obat tersebut, sehingga penggunaannya tepat.

Pengkonsumsian obat di atas sebenarnya hanya boleh anda lakukan jika anda memang berada pada kondisi yang kepepet, seperti misalnya ketika penyakit tersebut harus kambuh saat tengah malam dan belum sempat untuk memeriksakannya ke dokter.

Kalau kondisi anda masih memungkinkan untuk menemui dan berkonsultasi dengan dokter, maka lakukan hal tersebut terlebih dahulu, supaya dokter bisa memeriksakan dan memberitahukan anda jenis penyakit apa yang sedang anda derita. Dia juga akan memberikan resep obat yang tepat, sesuai dengan penyakit yang anda derita.

Setelah membaca artikel ini, apakah anda masih percaya dengan mitos tersebut? Jika diperhatikan, tidak ada bukti yang jelas yang bisa membuktikan kebenaran dari mitos yang sudah dijelaskan di atas. Kalau pun ada, buktinya hanya lah didasarkan pada omongan orang yang juga belum bisa dipastikan kebenarannya dan mungkin saja terjadi secara kebetulan.

Berbeda dengan mitos, fenomena yang terjadi di atas bisa dijelaskan dan dibuktikan dengan baik jika dikaji dengan menggunakan ilmu medis dan juga memiliki bukti yang kuat, seperti laporan pemeriksaan cek darah dan lain sebagainya. So guys, lebih percaya mana sekarang? Mitos kah atau hasil laboratorium?