Rahasia Dibalik Makanan Sushi

1378

Tersedia di setiap toko makanan High Street, dan menjadi makanan siang favorit di antara pekerja kantor, sushi dapat memberikan lebih dari makan siang yang lezat. Para ilmuwan percaya itu menjadi salah satu alasan mengapa Jepang termasuk bangsa paling sehat di dunia.

Rata-rata, makanan Jepang – ikan mentah, sayuran dan nasi – berisi hanya 30 persen lemak, sebagian besar adalah lemak tak jenuh yang sehat, dibandingkan dengan 40 persen di Britania.

Sebagai buktinya, tingkat penyakit jantung di negara ini menjadi salah satu yang terendah di dunia. Baru-baru ini, para ahli di Jepang menemukan bahwa hidangan sushi dengan paket nasi serta ikan mentah dan sayuran – bahkan bisa melindungi perokok untuk melawan kanker paru-paru.

Profesor Toshiro Kyo, yang memimpin studi, mengatakan: ‘ orang Jepang sangat menyukai ikan segar, terutama sushi. Kami pikir itu sebabnya, meskipun Jepang merokok sebanyak orang di Inggris, tingkat kanker paru-paru mereka hanya dua pertiga tingginya.’

Penelitian kanker percaya berhenti merokok adalah langkah pencegahan yang terbesar, tapi mengatakan konsumsi ikan yang tinggi serta segar dan sayuran akan menurunkan risiko.

Berikut adalah keuntungan yang diberi Sushi :

  • Ikan mentah:
    Rata-rata, setiap orang di Jepang mengkonsumsi sekitar 100 gram ikan setiap hari, dalam bentuk seperti sushi, tempura dan sashimi. Omega-3 dari asam lemak pada ikan yang berhubungan dengan perlindungan jantung dan meningkatkan sirkulasi. Namun, ikan adalah tuan rumah bagi cacing parasit, dan beberapa harus dimasak untuk memastikan semua cacing dan telur mereka dibunuh.
  • Beras:
    Beras adalah makanan pokok di Jepang. Ini adalah sumber energi yang baik dan menyediakan pasokan protein. Kegunaan panjangnya adalah naturopaths untuk mengobati gangguan pencernaan, ini kadang-kadang membantu dalam mengurangi diare. Nasi putih yang sangat halus memiliki lebih sedikit nutrisi dari cokelat. Tapi beras merah mengandung asam phytic, yang memblok penyerapan zat besi dan kalsium ke dalam tubuh.
  • Wasabi:
    Ini adalah pasta hijau, sering disajikan dengan sushi, yang setara Mustard Inggris. Wasabi bisa juga memiliki manfaat kesehatan. Para ilmuwan di Jepang telah menemukan senyawa yang disebut isothiocyanates dalam pasta yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Wasabi juga telah ditemukan untuk membantu pencegahan kanker dan penggumpalan darah, jika dimakan secara teratur.
  • Rumput laut:
    Jepang telah mengkonsumsi sayuran laut selama berabad-abad. Mereka menggunakan rumput laut dalam jumlah besar dalam makanan mereka karena kandungan mineral yang terkonsentrasi. Sampai dengan seperempat dari makanan Jepang berisi rumput laut yang digunakan untuk meningkatkan rasa. Pada sushi, rumput laut membungkus sekitar nasi dan sayuran untuk membentuk sebidang mini. Hal ini kaya akan yodium – penting untuk tiroid yang sehat seperti tembaga, besi, kalsium dan magnesium.
  • Jahe:
    Penambah rasa dalam hidangan sushi, jahe juga dipakai untuk menandai akhir dari satu jenis sushi selama makan sebelum pindah ke yang berikutnya. Rempah-rempah yang secara luas ini dikenal memiliki efek terapeutik, paling tidak dalam membantu pencernaan, dan sering diresepkan oleh naturopaths untuk menangkal mabuk laut. Juga diperkirakan untuk melindungi diri terhadap penyakit pernapasan dan flu, serta mengurangi perut kembung. Mengunyah jahe dapat meredakan sakit gigi. Pilot telah mempelajari jahe bisa meringankan gejala penyakit Raynaud, yang menyebabkan mati rasa yang menyakitkan pada jari tangan dan jari kaki.
  • Kecap:
    Terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi, kecap secara luas digunakan dalam masakan Jepang. Namun, memiliki kandungan garam yang sangat tinggi dan harus dihindari oleh orang dengan tekanan darah tinggi atau yang telah diberitahu untuk memiliki makanan rendah sodium. Ada beberapa manfaat pasti akan dikaitkan dengan konsumsi tinggi dari makanan yang kaya kedelai ini. Diperkirakan bahwa mereka akan melindungi pengkonsumsi dari kanker, penyakit jantung, sindrom pramenstruasi, dan bahkan osteoporosis.
  • Ikan roe:
    Ikan roe kaya akan omega-3 untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Ikan roe ini juga memiliki kolesterol yang tinggi, jadi itu tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah besar. Kaviar – sturgeon roe – sangat mahal tapi masih tinggi lemak. Biasanya, ikan roe mengandung sekitar 90 kalori terhadap 100 gram dan menjadi sumber yang kaya protein. Ada kemungkinan hanya untuk porsi yang sangat kecil di sushi rata-ratanya.

Itulah manfaat dari makanan sushi. Banyak orang jepang yang suka untuk mengkonsumsi sushi dan makanan yang berkaitan dengan ikan lainnya. Sushi bahkan sudah menjalar dan telah mendunia di negara-negara lainnya. Apakah Anda tertantang untuk menikmatinya?