Inilah Alasan Kenapa Sabun Bisa Membersihkan Kotoran

48

Keasikan membahas masalah flat/globe sampai meninggalkan komentar-komentar yang sabun. Pastinya semua tau dong apa itu sabun, pasti para pria dewasa lebih menjiwai kegunaannya hahahaha!Bercanda guys! Tahu gak senyawa jenis kimia ini memberikan dampak yang besar bagi kehidupan seharian kita? Nah, pastinya kita tahu kalau sabun ini selain mewangikan kulit, fungsi utamanya untuk membersihkan kotoran yang melekat pada kulit. Dengan membawa kotoran bersama air, kulit kita akan kembali bersih serta terawat deh! cling..cling!

Pada pengen tau gak kenapa sabun bisa membersihkan? Wah, banyak juga yang kepo nih ternyata! Daripada nunggu terlalu lama, mari kita penuhi rasa ingin tahu kalian!

Pengertian sabun

Sabun adalah senyawa kimia yang dibuat dari campuran alkali dan trigliserida dari lemak. Secara kimia, sabun dibuat melalui reaksi saponifikasi dengan suhu 80-100 C atau bahasa akrabnya reaksi penyabunan. Nah, dari sini akan dihasilkan gliserol dan sabun mentah. Dari sabun mentah tersebut, akan diolah lagi menjadi sabun bentuk cair atau padat. Sabun padat dihasilkan dengan menggunakan basa NaOH sedangkan untuk yang cair digunakan basa KOH.

Berikut mekanismenya :

Struktur kimia dari sabun

Sabun adalah jenis dari surfaktan, yakni molekul yang mempunyai gugus hidrofilik (suka air) dan gugus hidrofobik (suka minyak). Karen 2 sifat inilah membuat sabun dapat mengikat air dan sekaligus sehingga dapat membersihkan minyak sekaligus. Selain minyak, sabun berfungsi membersihkan kotoran-kotoran lain yang hampir sama dengan minyak (tidak larut dalam air).

Cara Kerja Sabun

Setelah kita tahu pengertian sabun yang dapat membersihkan tubuh, yuk kita lihat cara kerjanya. Sabun berfungsi untuk mengikat kotoran, jadi terdapat senyawa yang sama dengan pengotornya. Untuk hal ini, pengotor yang berasal dari lemak ini dimasukkan dalam golongan senyawa hidrofobik (senyawa tidak larut dengan air). Jadi senyawa hidrofobik dalam sabun akan berfungsi untuk mengikat senyawanya yang sama yaitu lemak.

Mungkin kita jadi berpikir kalau hidrofik itu sejenis lemak, kok kita ga mandi dengan lemak lainnya saja? Kan sesama lemak! Atau pakai minyak makan saja? Well, mari dijelaskan sisi dari ilmu kimianya. Kalau hanya untuk mengikat lemak, memang sih minyak makan bisa melakukan tugas tersebut. Namun apa betul kamu mau memakai minyak makan buat mandi? Kan ngak! Minyak makan itu kan sulit loh buat dihilangkan dari badan.

Selain berfungsi mengikat lemak dan kotoran lainnya, sabun dibuat karena mudah dibilas untuk dihilangkan. Jadi zat yang paling gampang untuk membersihkan dan melarutkannya adalah air. Sabun harus bisa dengan mudah larut dalam air yang merupakan pembersih umum. Sedangkan air memiliki sifat hidrofilik(zat yang bisa larut dalam air).

Sabun memiliki sifat hidrofobik dan hidrofilik. So, sabun mempunyai struktur yang dinamakan micell yang dapat membuat sabun memiliki 2 sifat yang berbeda. Satu ujungnya bersifat hidrofilik sedangkan pada ujung lainnya bersifat hidrofobik. Itulah alasan kenapa sabun bisa mengikat lemak dan larut dalam air. Uda tau kan guys?

Cara pembuatan sabun

Setelah kita tau cara kerja dari sabun, bagaimana kalau kita cari tau cara permbuatan sabun? Seperti yang dijelaskan diatas, sabun memiliki dua elemen yakni hidrofilik dan hidrofobik. Untuk elemen hidrofik akan digunakan rantai karbon yang panjang. Mesti diketahui, elemen dari senyawa karbon rantai panjang memiliki sifat hidrofobik. Contoh dasarnya adalah minyak yang menjadi rantai karbon yang tidak larut dalam air.

Untuk elemen hidrofilik, diambil senyawa yang mengandung ion seperti K+, Na+. Jadi untuk membuatnya tinggal mereaksikan garam-garam yang didapatkan dari ion K+ atau Na+ dengan asam lemak sehingga terbentuk garam asam lemak kalium atau natrium. Reaksi ini akan menghasilkan molekul sabun yang memiliki ujung karbon rantai panjang dan ujung lainnya berupa ion Na+/K+ sehingga memenuhi syarat sebagai sabun yang baik, yang dapat menghilangkan lemak.

Well, selesai untuk pelajaran kimia hari ini anak-anak, besok dikumpulkan ya tugasnya! Joking saja, hehe. Untuk penutup, terima kasih sudah membaca artikel kami, jika ada kata-kata atau informasi yang kurang tepat, harap dimaklumi ya guys! Toh, sama-sama belajar (wah, jadi ketahuan deh!hahaha)