Bunga Kuku Pertanda Ada Seseorang Yang Menyukai Anda, Mitos Atau Fakta?

3074

Coba perhatikan jari-jari kedua tangan anda, apakah ada tanda berupa bintik putih di sana? Pernahkah anda bertanya-tanya apa arti dari kemunculan tanda tersebut?

Beberapa masyarakat sering mengaitkan kemunculan bintik putih ini dengan mitos. Katanya sih, kalau di jari ada tanda bintik putih berarti ada seseorang yang menyukai atau membenci anda. Benar nggak sih? Namanya juga mitos guys, bisa benar bisa juga tidak.

Anehnya lagi, bintik putih yang muncul pada masing-masing jari memiliki makna yang berbeda-beda. Adapun mitos tentang kemunculan bintik putih pada jari tersebut antara lain:

  1.  Bintik putih pada jari kelingking biasanya pertanda akan mendapat keberuntungan pada hal yang berhubungan dengan rumah, real estate, atau pengambilan saham.
  2. Pada jari manis biasanya pertanda munculnya uang dan kemasyuran.
  3. Bintik putih pada jari tengah biasanya menandakan sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan.
  4. Di jari telunjuk biasanya pertanda keberuntungan pada bisnis atau pekerjaan.
  5. Bintik putih pada ibu jari, biasanya pertanda hubungan cinta atau kasih sayang yang membaik.

Selain keyakinan atau mitos di atas, ternyata bintik putih pada kuku ini bisa menjadi sebuah pertanda dari keadaan atau kesehatan seseorang. 

Kira-kira, pertanda penyakit apa ya bintik putih yang juga dikenal dengan sebutan kembang kuku ini? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

Dikenal Sebagai Leukonychia

Mengapa bintik putih yang juga dikenal dengan sebutan kembang kuku ini bisa muncul? Berbahayakah atau tidak? Kembang kuku yang kita kenal selama ini memiliki nama lain, yaitu Leukonychia.

Leukonychia adalah kondisi dimana garis atau titik yang berwarna putih muncul di jari tangan atau kuku kaki. Munculnya tanda ini merupakan masalah yang sangat umum terjadi dan kondisi ini sama sekali tidak berbahaya.

Banyak orang dewasa yang sehat memiliki beberapa bintik putih di kuku pada waktu-waktu tertentu saja dan kemudian bercak tersebut menghilang setelah beberapa hari.

Oleh karena itu, munculnya bercak putih kuku atau kembang kuku ini tidak selalu menjadi sebuah pertanda dari kondisi medis yang serius.

Bagi beberapa orang, kembang kuku ini mungkin hanya tampak seperti bercak-bercak kecil berwarna putih di atas kuku. Namun bagi sebagian yang lainnya, titik putih yang dimiliki tampak jauh lebih besar dan bahkan membentang di seluruh kuku. Jika sudah begitu, hal itu dapat mempengaruhi kondisi kuku.

Penyebab dari munculnya leukonychia yang paling umum terjadi adalah karena terjadinya luka pada kuku. Cedera ini bisa terjadi jika kuku anda terjepit atau tak sengaja terpukul oleh benda yang keras.

Selain itu, kebiasaan suka keseringan melakukan manikur dan pedikur, atau penggunaan kuku gel atau akrilik, diketahui juga bisa merusak kuku.

Bukan hanya itu saja, sebenarnya masih banyak hal-hal lainnya yang mungkin bertanggung jawab atas kemunculan bintik putih yang tidak biasa pada kuku.

Penyebab Munculnya Bercak Putih Pada Kuku

“Tidak mungkin ada asap kalau tidak ada api”, peribahasa ini memiliki pengertian kalau segala sesuatu yang terjadi pasti ada yang mendasari atau menjadi penyebabnya. Begitu pula dengan kemunculan bercak putih yang ditemukan pada kuku ini.

Bintik putih pada kuku adalah hal yang biasa terjadi. Beberapa faktor penyebab bisa menyebabkan kemunculan mereka. Dan faktor penyebab yang dimaksud tersebut antara lain:

1. Reaksi alergi

Faktor penyebab pertama adalah karena alergi. Alergi terhadap cat kuku, gloss, pengeras, atau penghapus cat kuku dapat menyebabkan kemunculan bintik-bintik putih pada kuku anda. Penggunaan akrilik atau kuku gel juga bisa menjadi penyebab kemunculan kembang kuku dan juga berpotensi merusak kuku.

2. Aktivitas jamur

Jamur kuku yang biasa disebut dengan onikomikosis biasanya muncul pada kuku kaki. Tanda pertama bahwa sedang terjadinya infeksi pada kuku tersebut umumnya ditandai dengan beberapa titik putih kecil.

Infeksi yang terjadi bisa menyebar ke seluruh bagian kuku. Kuku kaki mungkin akan tampak seperti mengelupas hingga  kemudian mengeras dan akhirnya menjadi rapuh.

3. Cedera pada kuku

Cedera yang terjadi pada bagian kuku anda dapat menyebabkan munculnya titik putih saat kuku anda mulai bertumbuh. Namun, namun seiring bertumbuhnya kuku, terkadang anda sering melupakan luka yang terjadi sebelumnya. Beberapa luka yang terjadi tidak akan muncul selama empat minggu atau lebih.

Contoh penyebab luka yang terjadi pada kuku adalah sebagai berikut:

  • Terjepit pintu
  • Tak sengaja terkena pukulan palu pada saat memukul sesuatu
  • Memukul-mukul kuku jari anda ke meja
  • Tekanan pada kuku yang diakibatkan keseringan melakukan manicure dan pedicure

4. Kekurangan mineral

Penyebab kemunculan bintik putih pada kuku yang lainnya adalah diakibatkan kekurangan mineral. Kekurangan mineral yang paling sering dikaitkan dengan masalah atau kondisi ini adalah defisiensi zinc dan defisiensi kalsium.

Adakah Kaitannya Dengan Masalah Kesehatan?

Selain keempat penyebab di atas, tahukah anda kalau ternyata kembang kuku ternyata muncul karena disebabkan oleh kondisi kesehatan dari seseorang? 

Beberapa jenis penyakit yang diderita oleh seseorang yang umumnya diperlihatkan dengan tanda kemunculan bunga atau kembang kuku, antara lain:

  • Penyakit Jantung

Penyakit jantung (yang dikenal sebagai penyakit kardiovaskular) adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat.

Untuk penyakit mematikan yang satu ini, bintik putih yang muncul tak lagi disebut sebagai bunga ataupun kembang kuku karena mereka yang memiliki penyakit ini kukunya akan menjadi putih secara keseluruhan.

  • Sakit Ginjal atau Gagal Ginjal

Ginjal adalah sepasang organ yang terletak di punggung bawah anda. Satu ginjal berada pada sisi tulang belakang anda. Mereka berfungsi untuk menyaring darah dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Saat melaksanakan tugasnya, Ginjal akan mengirim racun ke kandung kemih anda. Selanjutnya tubuh akan menghilangkan racun dari dalam tubuh saat anda buang air kecil.

Jika kondisi ginjal memburuk dan bertambah parah, maka akan menyebabkan penyakit yang dikenal dengan sebutan gagal ginjal. Ini terjadi bila ginjal sudah kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah.

  • Psoriasis atau Eksim

jika kuku jari tangan atau kuku jari kaki anda mengalami perubahan warna, pecah-pecah, atau terpisah dari tempat yang seharusnya, anda mungkin memiliki masalah dengan psoriasis kuku.

Psoriasis sendiri adalah penyakit autoimun. Hal ini dapat menyebabkan bercak merah dan bersisik pada kulit. Kuku dan kulit sangat erat kaitannya dengan penyakit yang satu ini. Jika anda memiliki psoriasis pada kulit, maka anda kemungkinan juga mengembangkan psoriasis pada kuku.

  • Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi pada salah satu atau kedua paru-paru. Bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Pneumonia bakteri adalah tipe yang paling umum terjadi pada orang dewasa.

Pneumonia menyebabkan peradangan kantung udara di paru-paru, yang disebut alveoli. Alveoli ini terisi cairan atau nanah, sehingga menyebabkan penderita sulit untuk bernafas.

  • Keracunan Arsenik

Keracunan arsenik, atau arsenikosis, terjadi setelah menelan atau menghirup arsenik tingkat tinggi. Arsenik adalah sejenis karsinogen yang berwarna abu-abu, perak, atau putih.

Arsenik sangat beracun bagi manusia. Yang membuat arsenik sangat berbahaya adalah tidak memiliki rasa atau bau, sehingga Anda bisa terpapar tanpa menyadarinya

Meskipun mungkin, namun penyebab timbulnya bunga kuku ini sangat jarang terjadi. Anda harus memeriksakannya dengan segera sesaat setelah anda mengetahui bahwasannya ada sesuatu yang salah pada kondisi anda.

Setelah itu dokter anda kemungkinan akan mengeksplorasi sejumlah kondisi lain, jika anda memiliki bintik putih yang begitu menonjol pada kuku anda sebelum masalahnya menjadi semakin serius.

Gejala Leukonychia

Anda mungkin memiliki tanda atau gejala tambahan dari munculnya leukonychia ini. Hal tersebut tergantung pada penyebabnya. Misalnya saja cedera kuku, seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya.

Selain itu, reaksi alergi juga dapat menyebabkan beberapa titik putih di kuku. Munculnya titik atau garis putih mungkin berbeda pada masing-masing kuku.

Bintik putih bisa muncul dengan berbagai cara. Mereka mungkin terlihat seperti:

  • Titik-titik kecil pena berwarna putih
  • Garis yang lebih besar di kuku
  • Dan lain sebagainya

Penyebab munculnya bintik-bintik putih pada kuku anda mungkin menentukan bagaimana bintik-bintik itu muncul.

Diagnosa Bunga Kuku

Jika bintik-bintik putih yang anda alami jarang terjadi dan anda berpikir kalau kemungkinan besar hal tersebut terkait dengan cedera yang anda alami, maka anda tidak perlu menemui dokter anda untuk memeriksakan masalah ini.

Anda hanya perlu untuk lebih berhati-hati dan menghindari cedera atau menghentikan perilaku yang anda curigai menjadi penyebab masalah tersebut.

Jika anda melihat bintik-bintik putih tersebut untuk waktu yang lama atau bahkan berkembang menjadi lebih buruk, maka  sudah saatnya anda harus menemui dokter. Sebagian besar masalah yang bisa menyebabkan bintik-bintik putih mudah ditangani begitu didiagnosis.

Ketika anda sudah menemui dokter, maka dia akan memeriksa kuku tangan atau kaki anda yang bermasalah. Berdasarkan pengamatan yang mereka dapat, mereka mungkin akan menetapkan diagnosis dan memberikan resep untuk anda.

Jika mereka tidak yakin dengan diagnosis yang mereka lakukan, mereka mungkin akan meminta beberapa tes lainnya untuk menghilangkan kemungkinan penyebabnya. Hal ini terutama berlaku jika dokter anda menduga bahwa anda mengalami kekurangan vitamin atau mineral

Adakah Cara Untuk Mengobatinya?

Jika yang anda tanyakan adalah ada tidaknya cara untuk mengobati atau mengatasi masalah Leukonychia, maka jawabannya “ada”.

Pengobatan yang dilakukan tentunya akan bervariasi dan tergantung pada faktor penyebab dari timbulnya bintik-bintik putih tersebut pada kuku jari anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Reaksi alergi

Berhenti menggunakan produk cat, gloss, atau kuku yang menurut anda kemungkinan bertanggung jawab atas reaksi alergi yang terjadi pada anda.

Jika anda terus memiliki gejala reaksi alergi ini bahkan setelah anda berhenti menggunakan produk tersebut, maka segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

  • Penyebab Jamur

Obat antijamur oral adalah pengobatan yang paling umum dan banyak dokter juga yang akan meresepkan pengobatan ini pada anda jika memang inilah yang menjadi penyebab kemunculan bintik putih tersebut.

Waktu pengobatan rata-rata dilakukan selama kurang lebih tiga bulan dan penting untuk menggunakan perawatan ini selama periode waktu yang ditentukan. Jika tidak, anda mungkin tidak sepenuhnya berhasil untuk mengobati infeksi.

  • Cedera Kuku

Sebagian besar luka kuku hanya butuh waktu untuk menyembuhkannya. Saat kuku tumbuh, bunga kuku tersebut juga akan naik ke bagian atas kuku. Dan seiring waktu, bintik-bintik putih akan hilang seluruhnya.

  • Perawatan kosmetik

Jika perubahan warna kuku anda membuat anda tidak nyaman, maka cara sementara untuk menutupinya adalah dengan menggunakan cat kuku.

Warna cat kuku adalah cara alami untuk menyembunyikan bintik-bintik tersebut. Dan pemoles warna-warni tentu terlihat indah dan menawarkan banyak kepribadian.

Bagi kebanyakan orang, bintik putih di kuku Anda tidak lebih dari tempat yang menyebalkan. Mereka jarang tanda-tanda masalah yang lebih besar, dan sebagian besar akan hilang sendiri tanpa pengobatan.

Jika anda melihat terdapat bintik putih di kuku anda dan bertanya-tanya apa yang harus dilakukan, maka lakukan lah hal ini:

  • Pikirkan kembali dan lindungilah kuku Anda

Apakah anda baru saja memukul kuku anda atau melukai jari anda dengan sesuatu? Lindungi kuku anda sebaik mungkin saat melakukan sesuatu dimana ada kemungkinan kalau mereka akan terjepit atau tak sengaja terkena pukulan.

  • Catat gejala

Apakah anda memiliki gejala lainnya, seperti perubahan pada warna kuku atau tekstur? Apakah kuku anda berubah menjadi kuning atau menjadi rapuh? Jika iya, maka anda mungkin perlu menemui dokter untuk mendapatkan perawatan.

  • Berkonsultasi dengan dokter

Jika menurut anda bintik putih pada kuku tidak disebabkan oleh luka, maka anda bisa membuat janji dengan dokter anda. Setelah pemeriksaan, dokter mungkin akan menawarkan diagnosis dan memberi resep.

  • Menjaga asupan makanan

Konsumsilah diet yang seimbang dan jaga agar kadar vitamin cukup memadai untuk mencegah efek samping dari penyakit tertentu, seperti bintik putih pada kuku Anda.

Kesimpulan

Bunga kuku yang secara ilmiah punya nama leukonychia, sebenarnya hanyalah sesuatu yang pada umumnya disebabkan oleh benturan atau luka pada kuku.

Luka itupun tak harus luka yang berat. Terbentur, atau terpapar benda keras dalam waktu cukup lama, bisa jadi memunculkan bunga kuku.

Hal ini pun seringkali tak anda sadari. Anda biasanya akan mendapat bunga kuku muncul di jari anda tanpa ingat telah berbuat apa pada kuku anda tersebut.

Tapi meskipun begitu, jika bunga kuku tersebut bertahan untuk waktu yang lama dan anda juga melihat ada perubahan yang terjadi pada kuku anda tersebut, itu berarti sesuatu yang salah telah terjadi pada tubuh anda.

Untuk itu, segeralah periksakan keadaan anda ke dokter, sehingga dokter bisa membantu menemukan masalahnya dan memberikan solusi terbaik untuk anda.

Usai sudah penjelasan mengenai arti dari bunga atau kembang kuku yang kerap muncul pada kuku jari tangan dan kaki anda. Semoga penjelasan yang kami sampaikan cukup jelas dan bisa dimengerti. Terima kasih.