11 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Obesitas

901

Mari kita awali pembahasan ini dengan meyakinkan apa itu obesitas sebenarnya? Sederhana saja, obesitas adalah suatu kelainan pada tubuh yang ditandai dengan terjadinya penimbunan lemak berlebihan pada jaringan tubuh. Penderita obesitas pun dapat dengan mudah dikenali karena berat badannya yang berlebihan. Obesitas biasanya ditandai dulu dengan overweight yaitu keadaan dimana Anda memiliki berat badan sedikit di atas normal atau dengan kata lain, indeks masa tubuh seseorang itu di atas normal.

Kemudian, obesitas bisa memburuk yang terjadi karena berat badan yang terus bertambah. Di beberapa kasus, obesitas kronis bahkan bisa membuat penderitanya sangat kesulitan untuk bergerak sekaligus menderita berbagai penyakit. Salah satu faktor penyebab obesitas adalah makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, Anda perlu benar-benar memperhatikan makanan Anda. Beranjak dari sini, kami berusaha menghadirkan 11 jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita obesitas sebagai salah satu upaya mencegah obesitas.

  1. Tomat

Tomat sering kali diperdebatkan karena sebagian ada yang menganggapnya sebagai sayur namun sebagian lainnya menganggapnya sebagai salah satu jenis buah. Terlepas dari perdebatan itu, tomat memiliki banyak sekali manfaat yang salah satunya adalah berfungsi mempertahankan berat badan yang seimbang. Buah tomat megandung sedikit kalori namun tinggi akan serat.

Cara mencegah obesitas yang pasti sudah Anda ketahui adalah dengan mengonsumsi banyak serat. Nah, tomat bisa menjadi pilihan pertama makanan kaya serat Anda. Tomat memiliki kandungan senyawa kimia alami bernama likopen yang bekerja sebagai penangkal segudang masalah kesehatan.

  1. Buah Jeruk

Membaca kata jeruk, pikiran Anda pasti terarah kepada kandungan vitamin C-nya yang melimpah. Benar sekali dan vitamin tersebut jualah yang memiliki peran penting untuk mencegah obesitas. Kandungan yang ada di buah jeruk tersebut mampu membakar lemak di tubuh Anda. Jeruk sebenarnya juga mengandung gula yang jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan diabetes. Oleh sebab itu, konsumsilah jeruk dengan takaran yang pas misalnya santaplah jeruk sebagai pencuci mulut atau mengolahnya menjadi jus jeruk untuk menemani menu makan Anda.

  1. Oatmeal

Saya banyak bertemu dengan orang-orang yang mengaku rutin mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan. hal tersebut mereka akui efektif dalam menurunkan berat badan. Walaupun sebenarnya ada sebagian pakar diet yang tidak setuju dengan pendapat ini. Tapi Anda bisa mencobanya dulu, karena kadang, kebutuhan diet setiap orang itu berbeda-beda. Oatmeal telah tersedia banyak di pasaran dan bisa Anda pilih tambahkan bahan makanan sehat lain yang Anda suka.

  1. Buah Apel

Kutipan one apple a day keeps the doctor away mungkin masih terngiang-ngiang di telinga kita. Benar saja, buah apel ternyata juga memiliki peran penting dalam mencegah obesitas. Dari pada Anda mengonsumsi camilan seperti permen atau gorengan, lebih baik Anda menggantinya dengan apel. Buah Apel tergolong dalam makanan rendah kalori, lemak dan sodium serta serat yang tinggi. Nah, sekali lagi nih, makanan kaya serat selalu direferensikan untuk makanan pelengkap diet Anda.

  1. Buncis

Setelah buah-buahan, sekarang ada salah satu jenis sayuran yang luar biasa manfaatnya. Buncis juga kaya serat yang sudah pasti memiliki kemampuan dalam melancarkan sistem pencernaan. Pencernaan yang lancar akan membantu Anda dalam mendapatkan berat badan yang ideal.

Selain itu, buncis juga dapat mengontrol gula darah. Anda bisa mengonsumsinya dengan mengolahnya menjadi sayur berkuah atau tumis buncis. Tapi, saya sarankan untuk membuatnya menjadi sup saja, karena makanan yang direbus jauh lebih baik untuk penderita obesitas.

  1. Pisang

Pisang ini saingannya apel dan buncis yakni sebagai makanan kaya serat. Manfaat dari buah pisang ini pun telah terbukti dan dibuktikan melalui proses penelitian. Pisang pun kemudian menjadi salah satu jenis buah yang mendapat gelar “Superfood Diet” dan telah diakui dunia. Wow! Bahkan telah ada juga yang telah menggagas diet pisang yang katanya sangat manjur.

  1. Jamur

Jamur terdiri atas banyak sekali jenis. Salah satu yang bagus untuk mencegah obesitas adalah jamur kancing. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda harus memilih jamur kancing yang benar-benar berkualitas untuk dimasak dan dikonsumsi bersama makanan sehat pendukung diet lainnya. Jamur kancing pun dinyatakan tinggi viamin dan rendah kalori. Oleh karena itu, segeralah gantikan daging dengan jamur demi kesuksesan diet Anda.

  1. Brokoli

Sayur selain buncis yang dimasukkan ke daftar menu makanan untuk diet adalah brokoli. Brokoli telah lama dipercaya khasiatnya yang dapat melepaskan lemak jenuh apabila diolah dengan benar. Anda bisa mengolah brokoli ini menjadi sup brokoli. Sekali lagi, usahakan memasak dengan cara direbus dan jangan mencampurnya dengan bahan makanan seperti keju misalnya yang banyak mengandung lemak.

  1. Buah Melon

Kembali lagi ke buah-buahan, jenis buah selanjutnya yang baik untuk mencegah obesitas adalah buah melon. Selain rasanya yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan, melon ini juga mengandung serat alami yang tinggi. Di dalam buah melon juga terkandung antioksidan bernama katekin seperti halnya yang terdapat pada kandungan teh hijau.

  1. Buah Bluberi

Beberapa artikel di internet mungkin telah kalian temui salah satunya yang membahas bahwa buah bluberi ini memiliki manfaat yang lebih besar daripada buah apel. Pasalnya, blueberi sangat ampuh dalam menghilangkan lemak serta memecahkan glukosa darah yang berlebihan. Jadi, bukan hanya sebagai pencegah obesitas, namun buah ini juga berfungsi untuk menimimalisir risiko penyakit yang disebabkan oleh kadar gula berlebih.

  1. Bayam

Jenis sayur terakhir yang ampuh dalam mencegah obesitas adalah bayam. Pastikan Anda memasaknya dengan benar. Bayam sendiri mempunyai kandungan serat tinggi tak kalah dengan apel, pisang dan lain sebagainya.

Dari 11 daftar makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita obesitas ini, Anda bisa memilih beberapa di antaranya untuk menjadi menu andalan Anda dalam proses mencegah obesitas maupun mengatasinya. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah keseimbangan, makanan. Makanlah secara seimbang serta jangan sampai kekurangan asupan air setiap harinya.