Ternyata Begini Rasa Dari Telur Penguin

269

Jika berbicara penguin, pastinya banyak yang langsung meleleh melihat gerakan imut dan menggemaskan dari hewan satu ini. Hewan yang memiliki ciri fisik dan lucu ini memiliki habitat yang berbeda dari hewan pada umumnya. Ya, penguin hidup identik di lingkungan yang berhawa dingin. Tentu saja, bulu-bulu yang terdapat pada badan mereka siap melindungi mereka dari cuaca dingin yang ekstrim sekalipun. Nah, yang menjadi pertanyaan pernahkah anda melihat telur penguin? Jika pernah, apakah anda pernah merasakannya? Wih, pasti belum kan? Daripada pada penasaran gimana rasanya, yuk, kita geser ke bawah saja

Penguin termasuk kelompok akuatik

Sebelum kita membahas rasanya, gimana kalau kita mengenal dulu hewan ini. Penguin adalah hewan yang hidup berkelompok yang tidak dapat terbang dan lebih menyukai habitat di daerah dingin.  Tubuh penguin disesuaikan untuk berenang dan hidup di air dimana kedua sayapnya ini berguna sebagai pendayung. Ketika berada di darat, penguin menggunakan kedua sayap dan ekor untuk berjalan guna menjaga keseimbangan saat berjalan.

Semua pinguin mempunyai warna putih pada bagian dalam tubuh dan warna hitam pada bagian luar tubuh. Hal ini berfungsi sebagai kamuflase. Wah, da macam ninja saja ya! Musuh penguin seperti singa laut akan terkecoh dengan warna putih dari pinguin yang bercampur dengan pantulan permukaan air laut. Untuk sisi gelapnya, penguin menyamarkan badannya dari serangan pemangsa dari atas air. Hewan ini juga dilengkapi dengan kemampuan berenang yang luar biasa yakni dapat berenang dengan kecepatan mencapai 12 km / jam.

Penguin termasuk hewan pencuri

Kok bisa ya dianggap pencuri? Nah, ada hal unik ini yang dilaporkan dari hasil observasi. Menurut laporan para peneliti, satu pertengkaran besar dapat terjadi antar pinguin disaat seekor ibu penguin kehilangan anaknya. Wuih, hewan imut ini kalo da cekcok gimana ya? Mesti sediain kamus penguin da pokoknya! Jika salah satu anak hilang seperti dimakan pemangsanya atau terbawa badai, maka ibu yang kehilangan anaknya akan melakukan “pencurian” anak penguin lain. Namun, yang lucunya dari hewan ini, para penguin betina lain yang sadar akan pencurian anak tersebut akan segera menolong serta “membela” ibu penguin yang anaknya dicuri.

Penguin Jantan bertugas mengerami telur

Wah, memang dalam kehidupan makhluk hidup satu ini terasa banget “The Power of Emak”. Bayangin saja untuk urusan mengeram telur juga akan diserahkan kepada penguin jantan. Setelah masa kawin, penguin betina akan bertelur 1 butir. Penguin biasanya bertelur pada musim dingin dimana terdapat masa sulit untuk mencari makanan. Setelah bertelur, penguin betina akan meninggalkan telurnya dan pergi mencari makanan. Nah, di saat emak lagi sibuk shopping, ekh maksudnya nyari makan, bapaknya deh harus ngeram.

Telur yang transparan tetapi tetap kenyal

Sebenarnya telur penguin itu boleh gak dikonsumsi? Tentu saja tidak  guys! Ini dikarenakan pinguin termasuk hewan yang dilindungi dan jika mengonsumsi telur tersebut kita dianggap melakukan hal ilegal loh! Namun, sebelumnya semua ini disahkan kok! Salah satu orang yang pernah mengkonsumsinya adalah Anthony de Villiers. Anthony menuliskan di Stuff pada tahun 2014 lalu yang mengungkapkan pengalamannya memakan telur penguin.

Dia menjelaskan bahwa telur penguin berukuran 2 sampai 3 kali lebih besar dari telur ayam biasa dan juga berbentuk lebih bulat. Saat itu, dia memasaknya dengan merebusnya. Waktu untuk merebus juga tergolong lama yakni 10 hingga 15 menit. Ketika masak, bentuk telur ini berbeda dengan telur lainnya. Putih telurnya akan terlihat transparan (tidak peduli selama apa direbus). Ketika dibelah, kuning telur akan terlihat berwarna orange di dalamnya.

Anthony juga memberikan komentar tentang rasanya ” Sangat enak, tetapi ada bau amis dari kuning telur “. Dia juga mengatakan telur penguin dapat digoreng. Menurutnya, telur penguin menjadi sangat penting untuk diet di Antartika, telur penguin juga dapat tahan hingga satu tahun dalam pendingin alami.

Sebelum dibuatnya larangan perlindungan hewan pinguin, telur penguin dikonsumsi secara masal. Manfaat dari telur sangat luar biasa dimana dapat meningkatkan stamina pria. Eitsss, tapi jangan mencoba untuk diam-diam mengkonsumsinya ya guys jika tidak ingin dipidana! Kan sudah ada obat kuat yang tersedia sekarang! 😀