Tangkapan Aneh! Seekor Hiu Goblin

1432

Ia memiliki wajah yang mengerikan, seekor mamalia yang tinggal di 1.000-3.000 kaki di bawah air dengan memangsa cumi-cumi dan ikan.

Yang kita bicarakan adalah hiu goblin. Dan perlu diketahui, spesies ini hanya pernah 2 kali tertangkap di Teluk Meksiko, dan yang pertama pada tahun 2000, kata ahli hiu, John Carlson.

“Keindahan berada di mata yang melihatnya,” sahut Carlson, peneliti biologi National Oceanic. “Beberapa akan menyebutnya ‘jelek. Saya pikir, ini malah ‘menarik.’ ”

Carl Moore, 63, Townsend, Georgia, tidak seperti arkeolog yang mungkin bertanya-tanya tentang makluk ini, yang ia perkirakan 18 sampai 20 kaki panjang dari hiu ini. Ia menangkapnya pada April 19, dimana ia sudah melakukan 18 hari memancing.

Carlson menebak itu lebih dekat ke 15 kaki, dengan hiu goblin terbesar yang pernah diukur yaitu 18 kaki. Moore memutuskan sebuah penilaian yang tepat akan menjadi penelitian bagi kepentingan terbaik.

“Aku akan mengambil pita pengukur, kemudian berbalik menoleh lagi dan berkata, ‘ lupakan pengukuran. Hal ini telah memakan saya!'”

Moore telah betualang memancing di samudra Atlantik dan Teluk selama 50 tahun, dengan istirahat sejenak dari tugas Angkatan Udara, dan ia telah menangkap begitu banyak hal-hal aneh seperti ikan gergaji, bahama anglefish, kura-kura loggerback yang berbobot 1000 hingga 1500 pon. Tapi ketika hiu goblin menjadi salah satu tangkapan di dalam liburannya, Moore merasa ‘tidak dapat dipercaya’.

Hal pertama yang saya beritahu anak laki-laki saya adalah, “gilak, ia sangat jelek! Terlihat seperti hewan prasejarah kepadaku!” teriak Moore.

Hiu Goblin memang menyerupai beberapa spesies prasejarah, dan Carlson mengatakan Moore telah menemukan “sesuatu yang cukup penting.” Mereka tidak melihat secara sering dimana-mana hiu tersebut, meskipun pantai Jepang memperlihatkan berbagai penampakan ikan hiu yang sering direkam.

“Kami tidak tahu banyak tentang fauna di dalam air,” kata Carlson. “Kami hanya tahu sedikit tentang hiu goblin, berapa lama mereka tinggal, seberapa cepat mereka tumbuh.” Satu hal yang cukup pasti: ukuran mereka, hiu goblin memiliki ukuran seperti pemangsa alam lainnya, menurut Carlson.

Foto-foto yang Moore berikan kepada NOAA akan membantu memperluas pengetahuan tersebut. Carlson mengatakan ia dan rekannya sekarang menulis sebuah makalah tentang hiu goblin di dalam sebuah jurnal ilmiah.

Moore baru-baru ini mulai membawa kamera dengan ekspedisinya ketika memancing. Dia ingin berbagi gambar dari apa yang dia lakukan dengan cucunya, Keaton.

Moore melepaskan hiu tersebut setelah mendapatkan bukti fotonya yang menjadikan kisah ikan terbesar yang pernah ia tangkap.

“Segala sesuatu yang hidup, kami mencoba untuk meletakkan kembali di laut,” katanya.